Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Role Playing berbantuan Wayang Tokoh untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Iawab dan Kemampuan Komunikasi Materi Sumpah Pemuda Kelas V Sekolah Dasar

HANDAYANI, TRI and Mastur, Zaenuri and Raharjo, Djoko (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Role Playing berbantuan Wayang Tokoh untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Iawab dan Kemampuan Komunikasi Materi Sumpah Pemuda Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
44395.pdf

Download (70MB)

Abstract

Tri Handayani, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Role Playing berbantuan Wayang Tokoh untuk meningkatkan Sikap Tanggung Iawab dan Kemampuan Komunikasi Materi Sumpah Pemuda Kelas V Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan perangkat pembelajaran, untuk rnenganalisis kevalidan perangkat pembelajaran ,untuk menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran, untuk menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran model Role playing berbantuan Wayang Tokoh untuk meningkatkan tanggung jawab dalam Kemampuan Komunikas, Spesifikas, produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan bermuatan Role Playing berbantuan Wayang Tokoh untuk menunjang proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKS,Soal Tes. Model pengembangan pada penelitian ini adalah 4-D yang dimodifikasi menjadi tahap define, design, dan development. Pengujian produk skala luas dapat menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol (pretest-postest control group desain) dimana siswa kelas V SDN Simpar, sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pucanggading sebagai kelas kontrol. Uji kevalidan dilakukan dengan validasi perangkat pembelajaran 3 oleh validator yaitu 1 (satu) dosen pembimbing dan 2 (dua) teman sejawat bekualifikasi S2. Uji kepraktisan dilihat dari kemampuan mengelola pcmbelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran. Uji keefektlfan menggunakan uji normalitas. uji homogenitas, ketuntasan rata-rata hasil belajar (uji t), uji ketuntasan klasikal menggunakan (uji t), uji banding, dan uji pengaruh (regresi). Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran yang dikembangkan model Role Playing berbantuan Wayang Tokoh pada materi Sumpah Pemuda valid. praktis, dan efektif Kriteria valid mendapat semua kategori sangat baik yaitu silabus (sangat baik), RPP =3.82 (sangat baik), LKS= 3,28 (sangat baik) dan bahan Ajar = 3,83 (sangat baik). Kriteria praktis ditunjukan dari hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran =3,28 (sangat baik) dan angket respon siswa 80,62% kategori sangat baik. Sedangkan kriteria efektif ditujukkan dari : 1) Variabel Kemampuan, Komunikasi (KK) mencapai ketuntasan klasikal maupun individual, 2) terdapat perbedaan rata-rata TKK antara siswa yang yang mendapat perlakuan Model Pembelajaran Role Playing pada kelas eksperimen dan yang tidak mendapat perlakuan pada kelas kontrol, 3) terdapat pengaruh positif variabel karakter tanggung jawab terhadap kemampuan komunikasi siswa dengan persamaan y' = 12,216 + 0,281x yang berarti setip penambahan variabel karakter tanggung jawab (X1) sebesar satu satuan maka akan menambah nilai Tes Kemampuan Komunikasi (Y) sebesar 0,281. Dalam uji regresi menunjukkan nilai R square sebesar 0,742 atau 74,2% yang berarti sikap tanggung jawab mempengaruhi kemampuan Komunikasi siswa sebesar 74,2 % dan vanabel lain ada yang mempengaruhi Kemampuan Komunikasi (KK) ada sebesar 25,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 500833952 - 44395.pdf
Uncontrolled Keywords: Role Playing model, Wayang Figure to Improve Responsibility Attitudes and Capabilities of the Youth Oath Vocational School Elementary Postgraduate Program, Universitas Terbuka, The purpose of this study was to find out the procedure of developing learning devices, to analyze the validity of learning devices, to analyze the practicality of learning devices, to analyze the effectiveness of learning tools in the role playing model in Puppet characters to improve Respon ability and Communication Ability
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:22
Last Modified: 01 Jul 2022 04:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item