Pengaruh E-Learning Zoom Cloud Meeting Terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Visual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru Riau

Nuriah, Lestari and Mujtahid, Iqbal Miftakhul and Wahyuningrum, Endang (2022) Pengaruh E-Learning Zoom Cloud Meeting Terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Visual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8 (1). pp. 201-212.

[img]
Preview
Text
22-B0020.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/arti...

Abstract

Dampak penularan Covid-19 mengharuskan satuan pendidikan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh untuk memutus penularan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh e-learning zoom cluod meeting terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa kelas tinggi SD Negeri Binaan 2 Kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilkukan di SD Negeri 61 Pekanbaru. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan angket elearning zoom cloud meeting, angket motivasi dan angket gaya belajar visual. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan rumus regresi sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukan, (1). Adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran e-learning zoom terhadap motivasi belajar siswa. Nilai korelasi atau hubungan sebesar 0.340, dari output regresi diperoleh koefesien determinasi sebesar 0.116. E-learning menggunakan aplikasi zoom cloud meeting terhadap variabel motivasi siswa sebesar 11,6%. (2). Adanya pengaruh atau efek yang di timbulkan berdasarkan perhitungan korelasi atau hubungan sebesar 0,340. Output tersebut diperoleh kofesien diterminasi sebesar 0,340. E-learning menggunakan aplikasi zoom cloud meeting terhadap gaya belajar visual siswa sebesar 3,40%. (3). Adanya hubugan yang positif terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa dengan nilai signifikan F change 0,001 maka nilai ini lebih kecil dari 0,05. Besarnya kontribusi yang diberikan variabel e-learning zoom cloud meeting terhadap motivasi 11,6%. Adapun sisanya 3.40% pengaruh e-learning zoom cloud meeting terhadap gaya belajar visual dan 3,40% penambahan e-learning zoom cloud meeting memiliki hubungan yang positif terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22-B0020.pdf
Uncontrolled Keywords: E-Learning Zoom Cloud Meeting, Motivasi, Gaya Belajar Visual
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:59
Last Modified: 11 Jul 2022 07:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9764

Actions (login required)

View Item View Item