Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Karakter Materi Pecahan Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

FARIDA, YENI and Mudiono, Alif and Kartono, (2020) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Karakter Materi Pecahan Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44364.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam pembelajaran. Permasalahan yang tetjadi pada proses pembelajaran matematika selama ini adalah kebutuhan akan bahan ajar untuk siswa yang mengintegrasikan penanaman karakter pada setiap langkah pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan ditemukan beberapa permasalahan mengenai penggunaan bahan ajar. Ketersediaan buku ajar matematika dari penerbit sudah tercukupi, materi buku ajar sesuai dengan kurikulum, namun belum ada yang mengintegrasikan karakter dalam setiap kegiatan yang tertuang pada bahan ajar. Selain itu tampilan bahan ajar yang tersedia kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang mengintegrasikan karakter ke dalam setiap kegiatan dan dikemas dalam tampilan yang menarik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) 4-D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahasa, ahli desain bahan ajar, guru, dan siswa kelas IV SDN I Wajakkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jenis data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, guru, dan siswa kelas IV. SDN I Wajakkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Data kuantitatif diperoleh dari angket validasi ahli pengembangan bahan ajar dan ahli materi, hasil observasi aktivitas, serta tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari para ahli baik berupa data kualitatif_maupun data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kevalidan ajar. Sedangkan data yang diperoleh dari guru, siswa digunakan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan bahan ajar. lnstrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi bahan ajar, hasil belajar dan lembar observasi, dan angket respon guru dan siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis kualitatif dan kuantitatif Hasil uji validasi bahan ajar oleh ahli materi sebesar 79,17%, ahli bahasa sebesar 77,08%, dan ahli desain sebanyak 78,57%. Uji keefektifan bahan ajar berdasarkan pada evaluasi hasil belajar siswa sebanyak 77,78% dan observasi pembelajaran sebesar 88,4%. Sedangkan hasil uji keterterapan bahan ajar berdasarkan pada respon guru sebanyak 87,50% dan respon siswa sebanyak 85,74%. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, keterterapan, dan keefektivan bahan sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas 4 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44364.pdf
Uncontrolled Keywords: math teaching material, fraction, character building, Bahan Ajar Matematika, Pecahan, Berbasis Karakter
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:13
Last Modified: 28 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item