Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Media Audio Visual dan Permainan) dengan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kecamatan Grogol

YUSMAWATI, and Anwar Hadi Firdos Santosa, Cecep and Suroyo, (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Media Audio Visual dan Permainan) dengan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kecamatan Grogol. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44133.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengkaji perbedaan hasil belajar IPA siswa bila sekelompok siswa diajarkan dengan penemuan terbimbing berbantuan audio visual dan permainan. Mengkaji perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kepercayaan diri tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Bagi siswa dengan kepercayaan diri tinggi mengkaji hasil belajar IPA siswa lebih baik bila diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan audio visual, dibandingkan dengan penemuan terbimbing berbantuan permainan. Bagi siswa dengan kepercayaan diri rendah, mengkaji hasil belajar IPA siswa lebih tinggi bila diajar dengan menggunakan penemuan terbimbing berbantuan permainan dibandingkan dengan penemuan terbimbing berbantuan audio visual. Mengkaji pengaruh interaksi antara model pembelajaran penemuan terbimbing dengan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA siswa Penelitian ini dilakukan pada SDN.Bujanggadung tahun pelajaran 2018/2019 dengan sampel kelas Va eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan audio visual dan kelas Vb pada eksperimen 2 menggunakan model discovery learning dengan games, pembatasan masalah pada penelitian ini dibatasi dalam tema lingkungan sahabat kita pada bidang IPA untuk kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran model penemuan terbimbing dengan audio visual dan permainan, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap basil belajar IPA Secara keseluruhan. Adanya perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kepercayaan diri tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Bagi siswa dengan kepercayaan diri tinggi hasil belajar IPA siswa lebih baik bila diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan audio visual, dibandingkan dengan penemuan terbimbing berbantuan permainan. Bagi siswa dengan kepercayaan diri rendah, hasil belajar IPA siswa lebih tinggi bila diajar dengan menggunakan penemuan terbimbing berbantuan permainan dibandingkan dengan penemuan terbimbing berbantuan audio visual. Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran penemuan terbimbing dengan kepercayaan diri terhadap basil bela jar IPA siswa namun tidak signifikan. ·

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44133.pdf
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Audio Visual, self-confidence, learning outcomes, Penemuan terbimbing, Audio Visual, kepercayaan diri, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:59
Last Modified: 27 Jul 2022 02:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9797

Actions (login required)

View Item View Item