MUNAWAROH, SITI and Anwar Hadi Firdos Santosa, Cecep and wahyuningrum, Endang (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik (Kontekstual Dan Interaktif) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44131.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang abstrak dan sulit untuk dipahami oleh sebagian besar siswa sehingga siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal itu dapat terjadi karena siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika yang diberikan oleh guru. Untuk itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat mengkontruksi sendiri pengetahuan siswa. Strategi yang dimaksud adalah strategi pembelajaraan matematika realistik. Strategi pembelajaran matematika realistik lebih mengutamakan pada kegiatan belajar siswa yang kemudian dihubungkan dengan dunia nyata siswa sehari-hari sehingga pembelajaran yang dilakukan dirasa lebih konkrit dan siswa dapat memperoleh pengalaman belajarnya secara langsung sehingga siswa dapat membangun sendiri konsep matematikanya. Selain itu, siswa pun lebih bersemangat dalam belajar karena pembelajaran dilakukan lebih menarik dan siswa menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran matematika realistik dan motivasi belajar berpengaruh terbadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan lembar pernyataan motivasi belajar sebanyak 12 butir pemyataan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pengolab data statistik. Uji statistik yang digunakan adalah ANAYA dua jalur (Two Way ANOVA). Berdasarkan basil analisis data dengan uji ANA VA dua jalur, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen l dan kelas eksperimen 2. Hal itu dapat dilibat dari perolehan nilai rata-rata dari kedua kelas penelitian tersebut yaitu sebesar 76.88 untuk kelas eksperimen 1 dan sebesar 60.00 untuk kelas eksperimen 2. Selain itu, terdapat adanya interaksi namun tidak signifikan antara strategi pembelajaran matematika realistik dan motivasi belajar. Hal tersebut dapat dilaihat dari nilai F hitung < F tabel yaitu sebesar 0.012 < 3.34.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44131.pdf |
Uncontrolled Keywords: | realistic mathematics learning strategies, learning motivation, learning outcomes, strategi pembelajaran matematika realistik, motivasi belajar, Hasil belajar. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 09:19 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 02:16 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9800 |
Actions (login required)
View Item |