Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

WIJAYA, ABDUL MALIK YUNUS and Hobri, and Dyah Prastiti, Tri (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44354.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah bagian penting yang akan menunjang proses pembelajaran di sekolah. Adanya perangkat pembelajaran yang valid akan membantu siswa agar menjadi lebih paham akan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Matematika merupakan salah satu materi pelajaran yang tingkat kesulitannya lebih tinggi dibandingkan mata pelajaran yang lain. Sehingga guru memerlukan perangkat pembelajaran yang tepat dan valid dalam menyampaikan materi. Inquiry based learning adalah metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan materi pelajaran matematika khusunya pokok bahasan bangun datar. Metode ini mengedepankan partisipasi aktif siswa untuk dapat memahami materi yang diberikan sehingga dengan penggunaan metode ini dalam pembuatan perangkat pembelajaran diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini menggunakan metode 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (diseminasi). Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan yaitu silabus, RPP, dan LKS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dinyatakan valid. Uji coba di SDN Sawaran Kulon 02 Lumajang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan positif dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dibandingkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen memiliki kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memiliki kategori rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44354.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Instrument, Inquiry Based Learning, Critical Thinking Skills, Two Dimentional Figure Perangkat Pembelajaran, Inquiry Based Learning, Berpikir Kritis Siswa, Bangun Datar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:41
Last Modified: 04 Dec 2023 07:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9822

Actions (login required)

View Item View Item