Korelasi Pemberian Uang Saku dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Tulungagung

RAHAYU, ENY (2019) Korelasi Pemberian Uang Saku dan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Tulungagung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44365.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pemberian uang saku mengajarkan anak untuk mengelola uang. Pola asuh orangtua mempengaruhi perkembangan dan pembentukan karakteristik anak baik itu positif maupun negatif. Pola asuh keluarga merupakan suatu cara orangtua dalam mengasuh anak untuk melatih kemandirian dengan tipe pola asuh demokratis, otoriter, dan permissive. Sebagian anak kurang mandiri karena kadang masih tergantung bantuan dari orangtua dalam mengerjakan tugas, kurang aktifnya dalam berdiskusi kelompok, menyiapkan buku sekolah,dan menyiapkan pakaian ataupun sarapan pagi masih dibantu orangtuanya. Selain itu,kurangnya komunikasi antara anak dan orangtua karena kesibukan kedua orangtuanya. Pola asuh keluarga sangat berpengaruh terhadap pembenmkan karakter anak dan setiap keluarga memiliki pola asuh yang berbeda dan cara orangtua mendidik anak dapat mempengaruhi perkembangan kemandiriannya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan korelasi pemberian uang saku dan pola asuh orangtua dengan kemandirian siswa Sekolah Dasar Kec. Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Subyek penelitian adalah kelas 5 Gugus I. Metode penelitian menggunakan Multistage Random Sampling. Analisis data menggunakan SPSS 2l,uji coba validitas menggunakan Korelasi Product Moment Pearson, uji realibilitas menggunakan Alpa Cronbach dan pengujian parsial menggunakan uji Instrumen pengambilan data kuesioner I angket. Hasil penelitian secara parsial pemberian uang saku dan pola asuh orangtua berpengaruh signifikan dengan kemandirian siswa Sekolah Dasar Kecamatan Tulungagung dibuktikan berikut ini : (1) Ada hubungan yang positif signifikan pemberian uang saku dengan kemandirian siswa sekolah dasar di Kecamatan Tulungagung yang dibuktikan dari perolehan nilai 5,161 > 1,65. Nilai signifikansi t variabel pemberian uang saku adalah 0,000 < 0,05 ; (2) Ada hubungan yang positif signifikan pola asuh orangtua dengan kemandirian siswa sekolah dasar di Kecamatan Tulungagung dibuktikan dari perolehan nilai 3,069 > 1,65. Nilai signifikansi t variabel pola asuh orangtua adalah 0,002 < 0,05.(3) Terdapat salah satu variabel yang paling dominan antara pemberian uang saku dan pola asuh orangtua dengan kemandirian siswa Sekolah Dasar Kecamatan Tulungagung, yaitu 0, 344 pemberian uang saku.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44365.pdf
Uncontrolled Keywords: Provision of Pocket Money, and Parenting Parents, Independence, Pemberian Uang Saku, Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:11
Last Modified: 12 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9824

Actions (login required)

View Item View Item