Studi Eksperimen Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Treasure Hunt dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

UMIHANI, SITI and Darwis, Amri and Sardjijo, (2019) Studi Eksperimen Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Treasure Hunt dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44119.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt adalah strategi pembelajaran yang menerapkan permainan berburu harta karun dimana siswa dilatih untuk saling bekerjasama dalam satu kelompok guna mencari jawaban (clue) dan menghasilkan karya. Kebisaan belajar merupakan prosedur pembentukan aktivitas belajar siswa guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam waktu yang relatif lama sehingga muncul pola tingkah laku baru yang menetap. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan pada siswa Sekolah Dasar kelas VI di Gugus IV Adam Malik Kecamatan Larangan Kota Tangerang selama empat bulan yaitu Agustus sampai November pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain treatment by level dengan jumlah sampel sebesar 64 sampel yang diambil dengan teknik sampling acak sederhana. Stastitika pengujian yang digunakan adalah Anova Dua Arah. Dari hasil analisis diperoleh bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt dengan strategi pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig =0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 43,679; (2) hasil belajar IPS dari siswa yang mempunyai kebiasaan belajar tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt lebih tinggi dibanding dengan basil belajar IPS dari siswa yang mempunyai kebiasaan belajar tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig ~ 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 43,679; (3) hasil belajar IPS dari siswa yang mempunyai kebiasaan belajar rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional lebih rendah dibandingkan siswa yang mempunyai kebiasaan belajar rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 36,642; dan (4) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,011 < 0,05 dan nilai Fhitung = 6,968, adapun bentuk interkasinya adalah : (1) pada kelompok responden dengan kebiasaan belajar tinggi, hasil belajar IPS yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt lebih tinggi dibanding yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional; (2) pada kelompok responden dengan kebiasaan belajar rendah, hasil belajar IPS yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt lebih tinggi dibanding yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44119.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Strategy Treasure Hunt Type, Learning Habits,Social Studies Learning Outcomes, Startegi Pembelajaran Kooperatif Tipe Treasure Hunt, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:50
Last Modified: 20 Jul 2022 07:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item