Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Budaya Baca Siswa SD Terintegrasi dengan Program Sekolah Berbasis Job Description

ASIM, and Sukestyarno, and Nurhasanah, (2019) Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Budaya Baca Siswa SD Terintegrasi dengan Program Sekolah Berbasis Job Description. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44218.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Rendahnya budaya baca siswa merupakan masalah umum yang sedang berkembang pada saat ini. Hal ini dapat ditunjukkan oleh rendahnya jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah. Faktor yang mempengaruhi rendahnya budaya baca siswa antara lain: sekolah belum memiliki perangkat pembelajaran pendidikan budaya baca dan belum tersedianya fasilitas yang dapat menarik minat siswa dalam membaca. Pengembangan pembelajaran pendidikan budaya baca siswa terintegrasi dengan program sekolah berbasis job description dipilih sebagai altematif pemecahan masalah. Sekolah memprogramkan kegiatan belajar mandiri yang dapat dilakukan diperpustakaan. Program tersebut berupa job description yang terdiri dari klub membaca, gazebo cerita, mini book buatan siswa, pojok baca siswa, jum'at baca, buku Jurnal membaca, bumbung kelas perkaya koleksi bacaan, dan sarapan membaca. Guna membantu guru dalam melaksanakannya disusun silabus dan buku panduan. Penditian ini adalah. untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pendidikan budaya baca siswa SD yang terintegrasi dengan program sekolah berbasis job description yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis pene itian pengembangan (Research and Development) dengan alur dari Borg & Gall:-(1983}. Subjek uji coba di SD Negeri Wonobodro 01 dalam penelitian ini meliputi validator ahli (ahli materi dan ahli desain), guru dan siswa. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa dan respen guru, serta lembar observasi keterterapan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa suplemen silabus memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 85,21% dan dari ahli desain sebesar-83,01%. Sedangkan produk pengembangan panduan budaya baca memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 88,89% dan dari ahli desain sebesar 87,54%. Data uji coba kepraktisan untuk respon siswa memperoleh nilai sebesar 87,09% dan respon guru mencapai 82,50%. Hal ini berarti produk pengembangan masuk ke dalam kriteria sangat valid dan sangatpraktis serta layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44218.pdf
Uncontrolled Keywords: reading culture, school program, job description, budaya baca, program sekolah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:58
Last Modified: 25 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item