INSANI, KHAIRANI and Suratno, and Farisi, Mohammad Imam (2020) Pengaruh Google Suite For Education Terhadap Literasi ict Siswa SMP Pada Kemampuan Akademik Berbeda. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43894.pdf Download (42MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan Literasi TIK Siswa sangat penting, tetapi pada kenyataannya, keterampilan Literasi TIK Siswa belum memenuhi harapan. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan Coogle Suite For Education dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Literasi ICT Pada Siswa Kemampuan Akademik Berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Adapun responden penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas ekspecimen sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasetelah penggunaan Coogle Suite For Education dalam pembelajaran, diperoleh bahwa nilai pengetahuan kemarnpuan Literasi ICT untuk kelas kontrol kategori tinggi adalah Access 59%, Manage 69%, Integrate 41%, Evaluate 56% dan Create 44% . Kategori sedang adalahAccess 31%, Manage i9%, integrate 38%, Evaluate 15% dan Create 36%. Kategori rendah adalah Access 9%, Manage 13%, Integrate 22%, Evaluate 19% dan Create 44%. Nilai keterampilan kemampuan Literasi ICT untuk kelas control kategori tinggi adalah Access 53%, Manage 69%, Integrate 66%, Evaluate 75% dan Create 34%. Kategori sedang adalahAccess 44%, Manage 25%, Integrate 0%, Evaluate 0% dan Create 50%. Kategori rendah adalah Access 3%, Manage 6%, Integrate 34%, Evaluate 25% dan Create 16%. Sedangkan untuk nilai pengetahuan kemarnpuan Literasi ICT untuk kelas eksperimen kategori tinggi adalah Access 72%, Manage 78%, Integrate 53%, Evaluate 84% dan Create 59% . Kategori sedang adalah Access 25%, Manage 13%, Integrate 38%, Evaluate 9% dan Create 34%. kategori rendah adalah Access J%, Manage 9%, 1ntegrate 9%, Evaluate 6% dan Create 6%. Nilai keterampilan kemampuan Literasi ICT untuk kelas eksperimen kategori tinggi adalah Access 63%, Manage 84%, Integrate 78%, Evaluate 78% dan Create 41%. Kategori sedang adalah Access 38%, Manage 13%, Integrate 0%, Evaluate 0% dan Create 47%. Kategori rendah adalah Access 0%, Manage 3%, Integrate 12%, Evaluate 22% dan Create 13%. kemudian nilai independent sample t-test dari post-test pengetahuan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang significant antara kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai sig (2- tailed) adalah 0,046 < 0,05 (p=<0,05). Nilai independent sample t-test dari post-test keterampilan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang significant antara kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,045 < 0,05 (p=<0,05). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Suite F'or Education dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan literasi ICT siswa menengah pertama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43894.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Google Suite For Education, ICT Literacy, Google Suite For Education, Literasi ICT |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10069 |
Actions (login required)
View Item |