Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Teori Asam Basa

Adji, Sandra Sukmaning and Harijati, Sri (2012) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Teori Asam Basa. Technical Report. Universita Terbuka, Tangerang Selatan. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Lap penel asam basa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mempelajari kimia tidak dapat hanya dihafalkan karena diperlukan suatu penalaran dan berfikir kritis. Hasil ujian nasional matapelajaran kimia dan matematika belum menunjukkan hasil yang tinggi, dan keadaan ini menarik perhatian bagi pemerhati pendidikan, Salah satu di antaranya adalah pelaku pengembang pendidikan yang bekerja dalam menyediakan atau meningkatkan kualifikasi guru seperti program studi pendidikan kimia di FKIP-UT. Sejumlah informasi tentang perkembangan pengetahuan dan pembelajaran yang terjadi di kelas sangat dibutuhkan karena staf akademik di FKIP-UT sulit untuk memperoleh pemahaman yang utuh bila hanya mengandalkan penelusuran materi secara mandiri dan tidak pernah terjun langsung dalam pembelajaran di kelas. Terlebih salah satu tugas staf edukatif UT adalah mengembangkan soal seperti soal Tugas Akhir Program yang memunculkan penyelesaian kasus-kasus pembelajaran di kelas. Dengan demikian perlu dilakukan kegiatan penelitian dengan menggunakan latar kelas yang sesungguhnya oleh staf yang berkecimpung dalam pembelajaran kimia, karena melalui kegiatan ini diharapkan staf akademik dapat meningkatkan pemahamannya tentang pembelajaran serta dapat berkontribusi dalam perkembangan pendidikan kimia dalam memberikan informasi penyelenggaraan pembelajaran teori asam basa di kelas. Kegiatan penelitian dapat dilakukan bersama antara guru dan staf UT, mengingat staf UT kemudahan akses untuk menggunakan kelas, serta pemahaman akan latar kelas memerlukan waktu yang tidak cepat.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Additional Information (ID): 22/G0013.pdf
Uncontrolled Keywords: pendidikan kimia,evaluasi pendidikan, Sekolah Menengah Atas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Nov 2022 10:05
Last Modified: 27 Sep 2023 03:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item