Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jama'ah pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Indosat Medan

Sukendro, Handri Agus (2012) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jama'ah pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Indosat Medan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40808.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasaan jama''ah Ibadah Haji KBIH INDOSAT Medan. disaat kebutuhan calon jama''ah akan bimbingan ibadah haji semakin tinggi sesuai dengan kebutuhan yang pada umumnya dilakukan oleh KBIH. Masing-masing KBIH memberikan pengaruh atau gimmick-gimmik agar calon jama''ah haji tertarik untuk mengikuti bimbingan haji di tempat mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara survey, dimana dilakukan untuk menjawab hipotesis utama yaitu adanya pengaruh secara positip dan signifikan antara Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jama''ah Ibadah Haji pada KBIH INDOSAT Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta pengujian statistik. Subyek penelitian ini adalah jama''ah KBIH INDOSAT Medan yang berangkat menunaikan Ibadah Haji tahun 2011 yang berjumlah 57 orang. Oleh karena semua anggota populasi akan diobservasi, maka digunakan Metode Sampel Jenuh (sensus). Metode analisis datanya menggunakan analisis Regresi Linear Berganda yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel bebas yaitu citra merek dan kualitas layanan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan jama''ah Hasil analisis dapat dilihat bahwa R = 0,903 berarti kaitan antara variabel Citra Merek, dan Kualitas Pelayan terhadap Kepuasan Jama''ah pada KBIH Indosat, Medan memperlihatkan adanya suatu bentuk yang sangat erat. R Square sebesar 0,816 berarti 81,6% peningkatan Kepuasan Jama''ah dapat dijelaskan oleh variabel Citra Merek dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya 18,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti : Biaya, tingkat kepercayaan, dan lain-lain. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa variabel Citra Merek dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan dan dapat dipakai untuk mengestimasi Kepuasan Jama''ah pada KBIH Indosat Medan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40808,pdf
Uncontrolled Keywords: brand image, services marketing, service quality, satisfaction, citra merek, kualitas pelayanan, dan kepuasan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.80072 Statistical Methods of Marketing (Metode Statistik Marketing)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:45
Last Modified: 05 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item