nalisis Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Sekolah TK-SD Bertaraf Internasional Mataram

Rispawati, (2012) nalisis Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Sekolah TK-SD Bertaraf Internasional Mataram. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40826.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kualitas pelayanan pendidikan dan kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan pada Sekolah TK-SD bertaraf Internasional Mataram. Kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan masih dirasakan kurang memuaskan masyarakat, seyogyanya untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan memuaskan kebutuhan pelanggan dan masyarakat diperlukan penerapan prinsip-prinsip kualitas pelayanan dan prinsip-prinsip good governance. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menganalisis berbagai fenomena yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik yaitu kualitas pelayanan dan tata kelola penyelenggaran pendidikan. Data primer kuantitatif tentang kualitas pelayanan pendidikan didapat melalui hasil survei dengan instrumen kuesioner kepada orang tua siswa, sedangkan data primer kualitatif tata kelola penyelenggaran pendidikan diperoleh dengan metode wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) dengan informan yang merupakan perwakilan stakeholder. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode nilai rata-rata tertimbang, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman dengan tahapan yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data kuantitatif dan analisis data kualititatif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan dan kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikian pada Sekolah TK-SD Bertaraf Internasional Mataram termasuk kategori "kurang baik". Dengan demikian diperlukan upaya-upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas/sarana dan prasarana yang tersedia, merumuskan dan menerapkan Prosedur Operasional Baku secara tegas dan konsisten, pengawasan dan pengembangan kompetensi petugas layanan, memupuk semangat kerjasama dan mengutamakan sinergi, membudayakan delegasi kewenangan dan diskresi yang bertanggungjawab serta melibatkan pihak Unram dan Pemkot Mataram untuk mencari solusi dalam rangka menetapkan kejelasan status kelembagaan sekolah ini. Disamping itu diperlukan juga upaya untuk meningkatkan harmonisasi hubungan kepala sekolah dengan Pemkot Mataram serta menerapkan MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah) dengan lebih mengintensifkan komunikasi dan melibatkan Dewan Pendidikan, Komite Sekolah dan Dinas Pendidikan dan Olah Raga sehingga masing-masing dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam setiap tahapan proses manajemen sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40826.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, tata kelola, sekolah bertaraf internasional, public service, service quality, governance
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:03
Last Modified: 01 Aug 2019 01:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item