Analisis Kinerja Personil Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polres Bintan Dalam Mencegah Tindak Pidana Pencabulan Yang Terjadi Di Lingkungan Wilayah Hukum polres Bintan

Tambunan, Rohandi Parlindungan (2022) Analisis Kinerja Personil Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polres Bintan Dalam Mencegah Tindak Pidana Pencabulan Yang Terjadi Di Lingkungan Wilayah Hukum polres Bintan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40110-23 cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kinerja personil Unit PPA Polres Bintan dapat dikategorikan kurang maksimal sedangkan fungsi utama dari Polri ada juga fungsi pre-emtif dan juga fungsi preventif dimana kedua fungsi tersebut seharusnya dilaksanakan terlebih dahulu dalam rangka pembinaaan dalam bentuk sosialisasi terhadap masyarakat tentang bagaimana tata cara menjaga keamanan dan ketertiban bersama serta pencegahan secara persuasif terhadap tindak pidana yang terjadi di masyarakat termasuk dalam pencegahan tindak pidana pencabulan atau pemerkosaan terhadap perempuan dan anak-anak di wilayah Polres Kabupaten Bintan. Adapun tujuan penelitian ini adalah :a. Menganalisis Kinerja Personil Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polres Bintan Dalam Mencegah Tindak Pidana Pencabulan Yang Terjadi Di Lingkungan Wilayah Hukum Po !res Bintan. b.Mengetahui faktor-faktor penghambat Kinelja Personil Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polres Bintan Dalam Mencegah Tindak Pidana Pencabulan Yang Terjadi Di Lingkungan Wilayah Hukum Polres Bintan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Menurut Malayu S.P. Hasibuan dalam Mangkunegara (20 17: 17) mengemukakan bahwa aspek-aspek yang dinilai kinerja mencakup sebagai berikut: 1) Kesetiaan 2) Hasil Kerja 3) Kejujuran 4) Kedisiplinan 5) Kreativitas 6) Kerjasama 7) Kepemimpinan 8) Kepribadian 9) Prakarsa 10) Kecakapan 11) Tanggungjawab dan Menurut Oliver ( dalam Ruky 2001 :30) ada sejurnlah penyebab urnum yang sering menimbulkan kegagalan dan harus dihindarkan yaitu : 1 ). Tidak adanya Standar, 2). Standar yang tidak relevan dan bersifat subyektif, 3). Standar yang tidak realistis, 4). Ukuran Prestasi yang tidak tepat, 5). Kesalahan penilai, 6). Pemberian umpan balik secara buruk, 7). Komunikasi yang negatif, 8). Kegagalan untuk memanfaatkan data hasil penilaian. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan 10 orang dan menjadikan Kepala Unit PPA Polres Bintan sebagai Infiorman kunci. Hasil penelitian terhadap Menganalisis Kinerja Personil Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polres Bintan Dalam Mencegah Tindak Pidana Pencabulan Yang Terjadi Di Lingkungan Wilayah Hukum Polres Bintan didapati hasilnya kurang maksimal dari segi kreativitas, prakarsa dan juga kerjasama dimana hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya krativitas dan prakarsa dari personil Unit PP A dalam melakukan fungsi pencegahan dan lebib mengutamakan fungsi penindakan kemudian tidak adanya standar baku dalam keljasama dengan stakeholder yang ada di Kabupaten Bintan dalam rangka pencegahan tindak pidana pencabulan yang terjadi sehingga kasus tindak pidana pencabulan masib sering terjadi di wilayah Hukum Polres Bintan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40110-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Personil, Tindak Pidana Pencabulan.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:53
Last Modified: 31 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item