Evaluasi Itensitas Mahasiswa dan Tutor dalam Tutorial Online terhadap Proses Pembelajaran di Seluruh Mata Kuliah Prodi MPDR 2021.2 :Laporan Akhir Penelitian Tahun Kedua

Ramdhani, Sendi and Rosita, Tita and Sapriati, Amalia Evaluasi Itensitas Mahasiswa dan Tutor dalam Tutorial Online terhadap Proses Pembelajaran di Seluruh Mata Kuliah Prodi MPDR 2021.2 :Laporan Akhir Penelitian Tahun Kedua. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Penelitian Evaluasi Intensitas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tutorial Online merupakan proses pembelajaran yang penting bagi mahasiswa pascasarjana Universitas Terbuka termasuk Magister Pendidikan Dasar karena berkontribusi sebanyak 60% terhadap nilai akhir mata kuliah. Tutorial online dilakukan melalui Internet (online) dan harus diikuti oleh mahasiswa. Namun berdasarkan studi pendahuluan, intensitas mahasiswa Magister Pendidikan Dasar UT dalam mengakses materi sangat rendah karena menganggap kontribusi terhadap nilai tutorial adalah kecil. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey, yaitu adalah pendekatan penelitian yang menggunakan instrumen kuisioner dan wawancara, untuk mengumpulkan data dari responden. Beradasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mayoritas mahasiswa dan tutor membuka tutorial online pada sabtu dan minggu. Adapun waktu membuka tutorial online mayoritas di malam hari. Setiap kali membuka tutorial online mahasiswa dan tutor menghabiskan waktu sekitar sekitar 60 – 120 menit. Mahasiswa di awal membuka tutor biasanya membuka kehadiran terlebih dahulu, kemudian materi esensial, dan selanjutnya beragam pengayaan, diskusi, dan tugas; 2) mahasiswa dan tutor menganggap pendahuluan dan penutupan merupakan bagian dari tutorial online yang penting dan sangat penting untuk dibaca, walaupun banyak juga mahasiswa yang beranggapan bahwa penutupan kurang penting dibaca. Adapun materi esensial dan pengayaan dianggap penting dan sangat penting oleh seluruh mahasiswa dan tutor. Sedangkan untuk video sapaan mahasiswa dan tutor mengganggap penting dan sangat penting, namun beberapa tutor beranggapan bahwa video sapaan tidak dan kurang penting bagi mahasiwa. Mahasiswa yang jarang atau tidak pernah mengakses materi esensial dan materi pengayaan beralasan karena materi esensial sama dengan Buku Materi Pokok atau Modul dan materi yang sama bisa dicari di internet, serta pengayaan bisa dicari juga di internet; 3) mahasiswa dan tutor berpandangan bahwa lebih menyukai materi esensial disajikan dalam bentuk PPT dan atau video. Sedangkan untuk bentuk pengayaan, mahasiswa juga berpandangan bahwa lebih menyukai bentuk PPT dan atau video, namun tutor beranggapan lebih baik bentuk PDF. Adapun bentuk diskusi yang paling disukai mahasiswa adalah satu permasalahan yang dikomentari seluruh mahasiswa, dan ternyata tutor juga beranggapan yang sama bentuk diskusi lebih baik berbentuk satu permasalahan yang dikomentari seluruh mahasiswa, namun banyak juga yang berpendapat mahasiswa harus mengomentari pendapat temannya. Kemudian bentuk tugas yang paling disukai mahasiswa dan dianggap paling baik oleh tutor adalah permasalahan yang jawabannya terbuka, namun banyak tutor juga yang berpandangan bentuk projek lebih baik bagi mahasiswa; 4) mayoritas mahasiswa dan tutor berpandang bahwa tutorial webinar sangat penting dan penting. Adapun terkait pelaksanaanya mayoritas mahasiswa dan tutor berpandangan lebih nyaman kalau dilaksanakan di akhir pekan dan di pagi hari. Kemudian mayoritas mahasiswa berpandangan bahwa bentuk tutorial webinar adalah penyampaian materi oleh tutor dan pembahasan masalah atau soal, namun tutor berpandangan beragam terkait bentuk tutorial webinar, yaitu presentasi oleh mahasiswa, diskusi kelas, pembahasan masalah, penyampaian materi oleh tutor, dan diskusi kelompok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24G0027.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jarak Jauh, Mahasiswa, Pascasarjana, Tutor, Tutorial Online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:34
Last Modified: 22 Feb 2024 05:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item