Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Yamaha Mataram Sakti Muara Tebo

Helmi, (2013) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Yamaha Mataram Sakti Muara Tebo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41076.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Yamaha Mataram Sakti Muara Tebo. Informasi tentang kepuasan pelanggan amat bermanfaat untuk menentukan strategi perusahaan dalam upaya meningkatkan kepuasan yang akan berujung pada loyalitas pelanggan. Perusahaan dalam operasinya memang telah menerapkan unsur bauran pemasaran, akan tetapi sejauh mana unsur bauran pemasaran yang telah diterapkan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan belum diketahui. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menjawab lima hipotesis, yaitu : (1) produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) tempat/distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (5) promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (5) produk, harga, tempat/distribusi, promosi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pelanggan PT Yamaha Mataram Sakti Muara Tebo. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metoda accidental sampling, jumlah sampel sebanyak 106 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi) terhadap variabel terikatnya (kepuasan pelanggan) baik secara parsial maupun simultan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel: 1) produk dengan nilai thitung sebesar 2,156; 2) harga dengan nilai thitung 3,092; 3) variabel tempat/distribusi dengan nilai thitung sebesar 2,184; 4) promosi dengan nilai thitung sebesar 2,342. Nilai ttabel = 1,983. Hal ini memperlihatkan bahwa secara parsial semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada uji simultan, didapatkan bahwa nilai Fhitung sebesar 50,842, sedangkan Ftabel sebesar 1,384, dimana Fhitung > Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat/distribusi dan promosi berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Peningkatan penerapannya akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang kemudian akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan penjualan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41076.pdf
Uncontrolled Keywords: marketing mix, customer satisfaction, bauran pemasaran, kepuasan pelanggan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:47
Last Modified: 08 Aug 2018 04:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item