Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Kelas XI IPA Di Kota Bogor

Sahrom, (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Kelas XI IPA Di Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41390.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah suatu penelitian kuasi eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar pada siswa SMA kelas XI IPA di kota Bogor. Subyek penelitian ini adalah 81 orang siswa kelas XI IPA yang terdiri dari kelas satu eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan kelas kontrol mendapatkan model pembelajaran langsung. Kelas eksperimen terdiri dari 40 siswa, sedangkan kelas kontrol terdiri dari 41 siswa. Instrumen penelitian lembar tes tertulis dan angket motivasi belajar yang valid dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov (uji Z), tes Levene (uji F), Uji t sampel independen, dan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran langsung tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini juga meyimpulkan tidak adanya interaksi antara model pembelajaran pembelajaran dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41390.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperative learning type NHT, direct instructional, motivation,model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran langsung, motivasi.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:11
Last Modified: 29 Jul 2019 08:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item