Supartini, Desak Made Dewi (2009) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada PT. Perama Swara Tour & Travel. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41175.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari faktor-faktor bauran pemasaran jasa yang terdiri atas produk, lokasi, harga, karyawan, promosi, bukti fisik, dan proses terhadap loyalitas pelanggan dan untuk mengetahui keeratan hubungan antara faktor-faktor yang diteliti dengan loyalitas pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan PT Perama Swara Tour & Travel. Populasi daripada penelitian ini adalah pelanggan PT Perama Swara Tour & Travel yang telah memiliki kartu anggota dan aktif melakukan pembelian selama 3 tahun terakhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan angket yang disebarkan dengan metode purposive sampling, yaitu terhadap 104 orang sampel yang memenuhi persyaratan. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis faktor dan analisis liner berganda Sedangkan untuk keperluan analisis statistik menggunakan program SPPSS for Windows 13, dimana data yang diolah adalah data ordinal yang telah ditransformasi melalui metode suksesif interval menjadi data interval. Hasil analisis yang diperoleh berupa model persamaan regresi linier berganda Y = 3.10E-15 + 0,10X1 + 0,56X2 + 0,21X3 - 0,73 X4 + 0,08X5 + O,04X6 + 0,34X7. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua variabel bauran pemasaran yaitu harga dan proses yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sementara itu, variabel produk, lokasi, harga, karyawan, promosi, bukti fisik, dan proses memiliki keeratan hubungan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian, variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan PT Perama Swara Tour & Travel adalah variabel proses. Berdasarkan hasil penelitian ini, guna meningkatkan loyalitas pelanggan, PT Perama Swam Tour & Travel harus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pada tujuh variabel bauran pemasaran berorientasi pada faktor-faktor pembentuk variabel. Selain itu perusahaan secara harus berusaha menjaga tingkat harga dan kualitas proses yang secara nyata berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Perama Swara Tour & Travel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41175.pdf |
Uncontrolled Keywords: | customer loyalty, marketing mix, loyalitas pelanggan, bauran pemasaran jasa |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8 Marketing, Management of Distribution (Marketing, Manajemen Distribusi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:31 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 09:29 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1310 |
Actions (login required)
View Item |