Studi Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kinerja di Era Desentralisasi Pendidikan di Kabupaten Sintang

Mursidi, (2010) Studi Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kinerja di Era Desentralisasi Pendidikan di Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40440.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala Sekolah Menengah Pertama dalam meningkatkan kinerjanya. Oleh karena itu, Peneliti memfokuskan penelitiannya pada permasalahan sebagai berikut : (a) Apa peran kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Pertama dalam era desentralisasi pendidikan di kabupaten Sintang? (b) Apa yang sebaiknya dilakukan oleh kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Pertama dalam mengelola sekolahnya agar menjadi sekolah yang unggul di kabupaten Sintang? (c) Otonomi apa saja yang dilaksanakan oleh kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Pertama? (d) Tipe kepemimpinan yang mana yang relevan dalam era desentralisasi pendidikan di kabupaten Sintang? Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Sintang, Koordinator Pengawas Sekolah, kepala sekolah, guru, staf TU, dan ketua komite sekolah. Prosedur pengumpulan data adalah menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dalam menganalisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan-tujuan sekolah dalam era desentralisasi pendidikan. Dalam upaya meningkatkan kinerja kepala Sekolah Menengah Pertama dalam era desentralisasi pendidikan di kabupaten Sintang, kepala sekolah harus melaksanakan kepemimpinan sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator (EMASLIM). Kepemimpinan kepala sekolah dalam otonomi sekolah sebaiknya dikelola dengan melibatkan seluruh partisipasi stakeholders yang diterapkan dalam manajemen berbasis sekolah (MBS).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40440.pdf
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kinerja, desentralisasi pendidikan, manajemen berbasis sekolah (MBS)
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:08
Last Modified: 25 Feb 2019 04:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item