Hubungan antara Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Propinsi Kalimantan Barat

Lakir, (2013) Hubungan antara Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Propinsi Kalimantan Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1441079.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara motivasi dan kompetensi (mengajar) terhadap kinerja guru-guru PNS yang mengajar di SMP Negeri. Secara rinci penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara motivasi dengan kinerja guru, dan antara kompetensi (mengajar) dengan kinerja guru sebagai pengajar. Penelitian dengan pendekatan kuaotitatif ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survai. Proses pengumpulan data berlangsung seiama 3 (tiga) bulan, yaitu antara bulan Mei sampai dengan bulan Juli tahun 2012 dan dilaksanakan di 5 (lima) buah SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Pengambilan sampel dilakukan secara acak proporsional (proportionate random sampling method). Sampel penelitian adalah 80 guru yang ditarik secara proporsional (proportionate random sampling method) dari 103 guru berstatus PNS yang tersebar di 5 (lima) buah SMP di Kecamatan Kapuas, yaitu SMPN 1 Sanggau, SMPN 2 Sanggau. SMPN 3 Sanggau. SMPN 4 Sanggau, dan SMPN 5 Sanggau. Instrumen dikembangkan berdasarkan variabel-variabel yang digunakan, yaitu (i) variabel motivasi (XI) diukur berdasarkan dorongan untuk bekerja, tanggungjawab, minat terhadap tugas dan penghargaan terhadap tugas, (ii) kompetensi mengajar (X2) diukur berdasarkan kriteria kemampuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai (mengevaluasi) hasil pembelajaran, dan menindaklanjuti hasil penilaian, dan (iii) kinerja guru (Y) diukur melalui kemampuan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, melaksanakan dan mengelola pembelajaran. mengevaluasi dan memperbaiki pembelajaran dan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik parametrik korelasi product moment untuk korelasi tunggal dan RYXtX2 untuk korelasi ganda menunjukkan (i) terdapat korelasi yang siknifikan antara motivasi dan kinerja (R=O,609), (ii) terdapat korelasi yang signifikan antara kompetensi mengajar dengan kinerja guru (R=O,630), dan (iii) secara bersama-sama terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan kompetensi mengajar terhadap kinerja guru (R=O,589). Disarankan agar guru secara konsisten dan kontinu meningkatkan motivasi dan kompetensi mengajar melalui perbaikan sistim manajemen sekolah terkait kesejahteraan guru, pembinaan karir guru, transparansi di bidang keuangan. Kompetensi guru perlu terus ditingkatkan melalui pelatihan peningkatan keterampilan mengajar. perbaikan sistim monitoring dan supervisi di bidang pembelajaran oleh pengawas sekolah, serta perbaikan sistim evaluasi pembelajaran. Sedangkan kinerja guru dapat ditingkatkan kualitasnya melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan profesionalitas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1441079.pdf
Uncontrolled Keywords: motivasi, kompetensi dan kinerja guru smp negeri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:12
Last Modified: 30 Jan 2019 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item