Silalahi, Edward Efendi (2012) Analisis Pengaruh Transformasi Strategi Pemasaran PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Untuk Meningkatkan Pendapatan Premi Dan Menurunkan Biaya Operasional. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41672.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Sebelum tahun 2008 pendapatan premi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pertumbuhannya selalu dibawah rata - rata industri sedangkan biaya operasionalnya selalu bertumbuh diatas rata - rata industri karena itu, tahun 2008 PT Asuransi Jiwasraya (Persero) melakukan perubahan strategi pemasaran. Inovasi strategi ini menjadi landasan operasional kegiatan pemasaran PT Asuransi Jiwasraya (Persero) hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana perubahan strategi pemasaran berpengaruh kepada peningkatan pendapatan premi dan penurunan biaya operasional dengan melakukan identifikasi kebijakan transformasi strategi pemasaran dan implementasi yang dijalankan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dalam memasarkan produk - produknya. Melakukan analisis kemampuan dan kompetensi inti (Core Comperence) PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di dalam hubungannya dengan faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta strategi untuk membangun daya saing yang berkelanjutan. Merumuskan faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran produk - produk PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan menentukan rumusan transformasi strategi pemasaran yang dilakukan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kedepan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam industri Asuransi Jiwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan kuesioner sebagai instrument pengolahan data dimana kuesioner disebar kepada direksi dan kepada divisi terkait yang mempunyai otoritas kebijakan pemasaran dan kepada regional manager dan perusahaan agensi sebagai ujung tombak pemasaran, serta pemegang polis sebagai pengguna (user) produk jiwasraya. Data- data primer diolah dengan menggunakan analisis pelanggan, analisis pesaing, analisis pasar, analisis lingkungan umum, analisis internal perusahaan, analisis value chain (VCA), analisis resources base view affirm (RBV) dan analisa SWOT untuk menentukan strategi ke depan. Kesimpulan dari penelitian ialah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) setelah melakukan implementasi transformasi strategi pemasaran sejak tahun 2008 memperlihatkan trend pertumbuhan pendapatan premi yang naik dan diatas rata- rata industri dan biaya operasionalnya mengalami trend pertumbuhan dibawah rata - rata industri serta market share perusahaan meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini merekomendasikan agar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) lebih memperhatikan dan mendaya gunakan armada agen (sales) nya untuk meningkatkan, perolehan premi, lebih intens melakukan promosi dan iklan melalui media cetak dan media elektronik, memperbaiki kinerja dalam hal after sales service (layanan puma jual) dan call centre (pemasaran langsung melalui media telepon, fax dan website) serta membenahi organisasi pemasaran yang tidak ramping.
Actions (login required)
View Item |