Penggunaan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Peserta Didik SMK Bina Putera Nusantara (BPN) Jurusan Farmasi.

Mulyani, Eva (2013) Penggunaan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Peserta Didik SMK Bina Putera Nusantara (BPN) Jurusan Farmasi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41760.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran langsung. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis peserta didik kelompok atas,sedang, dan bawah yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan yang memperoleh pembelajaran langsung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya asosiasi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan subyek populasi seluruh peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Bina Putera Nusantara Jurusan Farmasi K€las XI sedangkan sampel diambil dua k€las secara acak yaitu kelas Farmasi IV (F-IV) sebagai kelas eksperimen dan kelas Farmasi III (F-Ill) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan uji statistik berupa uji t dan ANOVA dua jalan serta Chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran langsung. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis peserta didik kelompok atas, sedang, dan bawah antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran langsung. Selain itu terdapat asosiasi yang tinggi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41760.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematics, Critical Thinking, Creative Thinking, Constructivism, Matematika, Kemamampuan berpikir kritis, kemamampuan berpikir kreatif, konstruktivisme
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:36
Last Modified: 29 Aug 2016 07:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item