Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis (studi kasus pembelajaran matematika materi pokok segi empat di SMP Negeri 1 Banjar Margo, Tulang Bawang, Lampung)

Hasanah, Fatah (2015) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis (studi kasus pembelajaran matematika materi pokok segi empat di SMP Negeri 1 Banjar Margo, Tulang Bawang, Lampung). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41942.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banjar Margo, Tulang Bawang dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. lnstrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen adalah 0,713 dan kelas kontrol adalah 0,452, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis, nilai gain temormalisasi pada kelas eksperimen adalah 0,833 dan kelas kontrol 0,637. Dari basil uji perbedaan rerata gain ternormalisasi diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang mendapatakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kelas yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41942.pdf
Uncontrolled Keywords: problem mathematics solving ability; mathematics understanding ability; Problem Based Learning (PBL), pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemahaman konsep matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373 Secondary Education (Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.3-373.9 Geographic Treatment of Secondary Education (Pendidikan Lanjutan di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 May 2016 03:14
Last Modified: 26 May 2016 03:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item