Penaksir Least Median Square untuk Pola Hubungan Linear antara Partisipasi Mahasiswa dalam Tutorial Online terhadap Nilai Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Statistika (MMPI5103)

Sugiarti, Harmi (2010) Penaksir Least Median Square untuk Pola Hubungan Linear antara Partisipasi Mahasiswa dalam Tutorial Online terhadap Nilai Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Statistika (MMPI5103). In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.

[img]
Preview
Text
fmipa201016.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (102kB) | Preview

Abstract

Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauh (PTJJ) berkewajiban memberikan bantuan belajar kepada mahasiswanya berupa tutorial. Salah satu jenis bantuan belajar yang diberikan oleh UT adalah tutorial online (tuton) yaitu tutorial yang berbasis internet atau web based tutorial (WBT). Penyelenggaraan tuton dirancang dengan cara tutor memberikan 8 materi inisiasi baik berupa pendalaman maupun pengayaan materi modul dan 3 tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa. Partisipasi mahasiswa dalam tuton dapat berupa keaktifan dalam akses materi (aktivasi) maupun penyelesaian tugas-tugas dalam tuton. Selain diharapkan dapat membantu melatih mahasiswa menyelesaikan permasalahan yang ada, partisipasi mahasiswa dalam tuton juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester (UAS), dengan demikian dianggap perlu untuk mengetahui pola hubungan antara tingkat partisipasi mahasiswa dalam tuton dengan nilai UASnya. Penggunaan metode yang sesuai dalam menentukan pola hubungan diharapkan dapat memberikan gambaran yang akurat tentang pola hubungan yang ada, sehingga lebih jauh akan membantu tutor dalam menyiapkan materi tuton baik materi inisiasi maupun tugas-tugas. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pola hubungan linear antara tingkat partisipasi mahasiswa dalam tuton dan nilai UAS mata kuliah Statistika dengan menggunakan metode Least Median Square (LMS) dan metode Ordinary Least Square (OLS). Data yang digunakan berupa nilai Tugas 1, nilai Tugas 2, nilai Tugas 3, nilai aktivasi, dan nilai UAS mata kuliah Statistika (MMPI5103). Metode Least Median Square (LMS) menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara nilai Tugas 1, Tugas 2, Tugas 3, Aktivasi Mahasiswa dalam kegiatan tutorial online dengan nilai UAS. Sedangkan metode Ordinary Least Square (OLS) menunjukkan bahwa pengaruh peubah Tugas 1 dan Aktivasi Mahasiswa tidak signifikan terhadap nilai UAS, sehingga tutor perlu melakukan revisi terhadap materi inisiasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fmipa201016.pdf
Uncontrolled Keywords: tutorial online, least median square
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:36
Last Modified: 27 Sep 2016 09:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item