Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa

Resti, Stefani Nawati Eko (2014) Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
41658.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar IPS siswa di SDN Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Polisi 4 Kota Bogor, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei pendekatan statistik dengan uji korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dengan hasil belajar IPS siswa (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis siswa (X2) dengan hasil belajar IPS siswa (Y)? (3) apakah terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dan kemampuan berpikir kritis siswa (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa (Y)?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dengan hasil belajar IPS siswa (Y) dengan taraf signifikan 0.05 didapat thitung 13.689 > ttabel 1.701. 2) Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis siswa (X2) dengan hasil belajar IPS siswa (Y), dengan taraf signifikan 0.05 didapat thitung 11.791 > ttabel 1.701; dan 3) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dan kemampuan berpikir kritis siswa (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa (Y) sebesar = dengan taraf signifikan 0.05 didapat Fhitung 93.035 > Ftabel 3,354 Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar IPS siswa dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41658.pdf
Uncontrolled Keywords: Students’ achievement motivation, students' critical thinking ability, and student’ social science Results,motivasi berprestasi siswa, kemampuan berpikir kritis siswa, dan hasil belajar IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:44
Last Modified: 01 Jun 2016 08:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item