Santoso, Agus (2010) Strategi Pemilihan Butir Alternatif Pada Tes Adaptif Untuk Meningkatkan Keamanan Tes. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.
|
Text
fmipa201046.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Rancangan tes adaptif terkomputerisasi lebih efisien dibandingkan tes konvensional. Namun penerapan metode maximum likelihood untuk mengestimasi kemampuan peserta tes dan kriteria fungsi informasi maksimum untuk menampilkan butir soal berikutnya pada tes adaptif mengakibatkan butir soal yang diberikan kepada peserta tes mudah dikenali, khususnya pada urutan butir soal awal yang disajikan pada peserta tes Oleh karena itu diperlukan strategi pemilihan butir alternatif pada algoritma tes adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan butir dengan randomisasi pada algoritma tes adaptif terhadap panjang tes dan estimasi kemampuan peserta tes. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur simulasi. Bank soal untuk keperluan simulasi menggunakan 250 butir soal. Dua desain algoritma tes adaptif, desain algoritma dengan dan tanpa randomisasi dikembangkan. Pada algoritma tes adaptif dengan randomisasi, perandoman butir dilakukan pada urutan butir kedua dan ketiga, sedangkan pada algoritma tes adaptif tanpa randomisasi, tidak dilakukan perandoman. Simulasi dilakukan pada 21 titik skala tingkat kemampuan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa secara statistik randomisasi tidak berpengaruh terhadap estimasi kemampuan peserta tes (nilai-p=0,306), juga tidak berpengaruh terhadap panjang tes (nilai-p=0,328). Berdasarkan hasil simulasi ini maka desain algoritma dengan randomisasi lebih disarankan untuk diterapkan pada algoritma tes adaptif karena tanpa mengurangi tingkat efisiensi dan presisi pengukuran, butir soal pada urutan awal yang diberikan kepada peserta tes lebih bervariasi sehingga dapat meningkatkan keamanan tes.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fmipa201046.pdf |
Uncontrolled Keywords: | tes adaptif, randomisasi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010 |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 06:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:49 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2423 |
Actions (login required)
View Item |