Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Anggota Credit Union Bahen Ma Nadenggan Lintongnihuta

Hutagalung, Meyidson (2014) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Anggota Credit Union Bahen Ma Nadenggan Lintongnihuta. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41733.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Credit Union Bahen Ma Nadenggan merupakan salah satu Jembaga keuangan yang berada di Lintongnihuta yang melayani 3 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.Credit Union Bahen Ma Nadenggan telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan akan jasa keuangan, namun kenyataannya masih sering mendapat keluhan dari anggota. Keluhan anggota ini tampaknya masih menjadi kendala yang sepenuhnya belum dapat diatasi oleh Credit Union Bahen Ma Nadenggan. Pada sisi lain, permintaan masyarakat akan jasa keuangan semakin meningkat, namun kualitas pelayanan yang diperoleh belum sebanding dengan permintaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan harga secara simultan dan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas anggota Credit Union Bahen Ma Nadenggan. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara langsung dengan responden dan wawancara langsung dengan pegawai dan pimpinan Credit Union Bahen Ma Nadenggan. Data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka pada Credit Union Bahen Ma Nadenggan dan publikasi yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS). Subjek penelitian ini adalah anggota Credit Union Bahen Ma Nadenggan kategori rumah tangga yang berada di Kecamatan Lintongnihuta,Paranginan, dan Doloksanggul dengan populasi sebanyak 4.108 anggota, dan penelitian dilakukan dengan sampel sebanyak 98 rumah tangga. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur dengan taraf signifikansi 10%(a= 10%). Berdasarkan hasil analisis secara parsial diperoleh bahwa kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan maupun terhadap loyalitas anggota, harga berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan dan Joyalitas anggota, sedangkan kepuasan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas anggota, sedangkan secara simultan diperoleh bahwa kualitas pelayanan,harga serta kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Credit Union Bahen Ma Nadenggan. Pada penelitian ini yang dominan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas adalah harga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41733.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality Of Service, Price, Member Satisfaction, Loyalty, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan anggota, Loyalitas.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:20
Last Modified: 15 Aug 2019 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item