Simanjuntak, Haholongan and Fadillah, Syarif and Agustini, Rosalita (2013) Pengaruh Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar Terhadap Pelaksanaan Tutorial Pendas dan Non Pendas Masa Registrasi 2011.2 Pada UPBJJ-UT Pangkalpinang. Project Report. Universitas Terbuka. (Unpublished)
|
Text
haholongan05.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan mengungkap ada tidaknya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar terhadap Pelaksanaan Tutorial pada UPBJJ-UT Pangkalpinang. Penelitian juga ingin mengetahui tingkat kecenderungan variabel Pelayanan Prima Pendistribusian Bahan Ajar dan Pelaksanaan Tutorial di UPBJJ-UT Pangkalpinang. Berkaitan dengan terbatasnya waktu, dana dan nuansa penguasaan ilmu bidang penelitian, maka peneliti melakukan pembatasan terhadap populasi. Besarnya populasi ditetapkan berdasarkan penetapan rombongan belajar yakni mahasiswa semester 6 dan jumlahnya 918 orang. Sedangkan penarikan besarnya sampel penelitian mengacu kepada pendapat Suharsimi Arikunto. Sampel penelitian sebesar 91 orang ditarik dari masing-masing sub populasi secara proforsional dan dengan metode random.Tetapi sewaktu penelitian 11 orang sampel tidak dapat dikumpul datanya, sehingga jumlah nyata sampel menjadi 80 orang. Peneliti menggunakan instrumen penelitian jenis angket yang telah memenuhi persyaratan penggunaannya, yakni terpenuhinya syarat validitas butir pada taraf signifikansi 5% dan memenuhi syarat reliabilitas instrumen sesuai pendapat Thorndike, rii > 0,50. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah statistik parametrik regressi sederhana. Penggunaan ini dilakukan setelah persyaratan penggunaannya (normalitas data variabel-variabel penelitian dan hubungan Y atas X) dinyatakan diterima. Kecenderungan masing-masing variabel penelitian diuji berdasarkan skor-skor ideal dan dibuat atas empat kategori baik, cukup baik, kurang baik dan tidak baik. Penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima pendistribusian bahan ajar terhadap pelaksanaan tutorial pada UPBJJ- UT Pangkalpinang dengan besarnya sumbangan variabel ini terhadap pelaksanaan tutorial sebesar CD = 53,89%. Pelayanan prima pendistribusian bahan ajar masih dalam kategori cukup baik (62,5%) dan hanya 30 % berada pada kategori baik dan masih ada 7,5 % dalam kategori kurang baik. Variabel pelaksanaan tutorial dalam kategori baik (55%) kategori cukup baik (42,5%), dan 2,5 % masih berpendapat tidak baik. Hasil penelitian ini perlu diimplikasikan dengan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pendistribusian bahan ajar dan juga meningkatkan pelaksanaan tutorial pada Universitas Terbuka pada umumnya dan khususnya pada UPBJJ- UT Pangkalpinang.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | halolongan05.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Prime Services, Teaching Materials, Tutorial Implementation,Pelayanan Prima, Bahan Ajar, Pelaksanaan Tutorial |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 02:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 07:22 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2990 |
Actions (login required)
View Item |