Darmayanti, Tri and Belawati, Tian (2002) Kemauan Belajar (Learning Volition) Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
81463.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Kecenderungan pilihan seseorang untuk melanjutkan kuliah menunjukkan kemauan belajar atau " learning volition" yang tinggi dari orang tersebut. Learning volition atau kemauan belajar ini menentukan keberhasilan seseorang dalam proses studinya selain bcrbagai faktor seperti kesiapan seseorang untuk belajar mandiri dan faktor-faktor psikososial lainnya. Volition melibatkan faktor kognisi, motivasi dan emosi. Learning Volition didefinisikan sebagai "kemauan seseorang untuk bertahan pada komitmen belajar yang telah dibuatnya". Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen kemauan belajar (learning Volition) mahasiswa yang dianggap berhasil dalam studinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berorientasi pada kasus, sehingga dapat dikatcgorikan sebagai penelitian kasuistik. Sampel penelitian dapat dikategorikan sebagai sampel ekstrim (sampel menyimpang) yang diambil dengan cara purposive sampling. Sampel adalah 18 orang mahasiswa yang mengikuti pcndidikan di UT dan dianggap "berhasil". Definisi operasional dari "berhasil" adalah mahasiswa yang persisten dalam melakukan kegiatan belajarnya selama minimal 4 semester bcrturut -turut, serta mcmiliki IPK rata-rata 2,75 atau lebih. Teknik analisis data yang dipergunakan pada pcnelitian ini pengolahan data secara deskriptif untuk mcmperoleh demografi data mahasiswa; sedangkan data yang diperoleh dari wawancara dianalisis secara kualitatif (analisis isi wawancara yang d ihubungkan dengan teori/konsep ). Hasil penelitian ini menunjukkan dinamika elemen kemauan belajar dalam hubungannya dengan aspek aspek motivasi (direction, energizing, dan persistence). Dengan demikian diperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai kemauan belajar mahasiswa pcndidikan jarak jauh. Dinamika elemcn kemauan belajar dengan aspek-aspek motivasi nampak begitu kuat pada responden penelitian ini, yaitu responden yang dianggap berhasil dalam belajarnya. Dinamika tersebut mungkin tidak akan muncul atau muncul dengan tingkat yang lebih rendah pada mahasiswa yang kurang bcrhasil. Penelilian la~utan tentang rancangan bantuan belajar bcrdasarkan hasil pcnclilian ini disarankan scbagai usaha untuk meningkatkan kcmauan bclajar mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 07/81463 |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 03:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 03:32 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3001 |
Actions (login required)
View Item |