Persepsi Guru dan Sikap Guru tentang Pembelajaran Terpadu terhadap Kemampuan Mengajar di SD

Mariah, Yayah Siti and Sukiniarti, (2002) Persepsi Guru dan Sikap Guru tentang Pembelajaran Terpadu terhadap Kemampuan Mengajar di SD. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81467.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru dan sikap guru terhadap pembelajaran terpadu dengan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru• Sekolah Dasar di Jakarta Barat. Sampel sebangak 39 orang guru yang sedang mengajar dikelas dua, tiga dan empat di Jakarta, diambil secara random .. Untuk mengumpulkan data persepsi guru, digunakan kuesioner (r = 0,90), sikap guru digunakan kllesioner (r = 0,93), sedang untuk data kemampuan guru digunakan kllesioner dan lembar observasi (r = 0,84). Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, yakni dengan korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signiflkansi 0,05. Basil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara persepsi guru dengan kemampuan guru dalam melaksanakan terpadu, dengan koeflsien korelasi sebesar r = 0,809, koefisien determinasi r2 = 0,654 sehingga variansi kemampuan guru ditentukan oleh varia bel persepsi guru adalah 65,4 %. (2) Terdapat hubungan yang positif antara sikap guru dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu, dengan koefisien r = 0,832, koefisien determinasi r2 = 0,692 sehingga variasi kemampuan guru ditentukan oleh sikap guru adalah 69,2 %. (3) Terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru dan sikap guru dengan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu, dengan koefisien korelasi r = 0,861, koefisien determinasi r2 = 0,741. Artinya variasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran terpadu ditentukan oleh persepsi guru dan sikap guru pada pembelajaran terpadu adalah 74.1 %. Basil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar, terutama dalam pembelajaran terpadu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 07/81467
Uncontrolled Keywords: GURU SD; KEMAMPUAN
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:19
Last Modified: 11 Feb 2019 02:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item