Penerapan Model Pembelajaran "Home Family Learning" Dalam Pelajaran Sosiologi di SMP; Suatu Pendekatan Berbasis Masyrakat (Community Based Education)

Suhartono, and Mukhtarom, and Triyono, (2007) Penerapan Model Pembelajaran "Home Family Learning" Dalam Pelajaran Sosiologi di SMP; Suatu Pendekatan Berbasis Masyrakat (Community Based Education). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81495.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kebanyakan sekolah do/am menerapkan proses pembelajaran masih berfokus pada kepcntingan sesaat. dimana kompctensi yang diharaplcan umuk siswa berorientasi pada angka-angka nilai yang bogus. Fcnomcna ini tdah menjad1 bagian yang rutin dalam proses he/ajar. schingga kompetensi keterampilan siswa yang diharapk.an tidaklah optimal tercapai. Dijumpai beberupa kasus antara guru dan siswa masih mengalam1 Aesulitan dalam menemukan maAna k.ompetensi pelajaran yang sesuai k.ehutulwn. Seluma ini penerapan pembelajaran sosio/og1 di SMP walaupun terintegrasi den~an pdujwan sejarah dan geugrafl, Aeberadacmnya sangat stralegis da/am mengembangAan perilaku sosial siswa pada masyarak.at. Tujuan pemhelaf'm.m soswlogi sendiri me/1/Jll)llkk.an adanya kompclensi dasur yang horus dimiliJ.i o/eh siswa. yaifll mampu menganalisi.!> bentuk-bentuk struktur sosial dan mcnghargai J.eanekaragaman bude1)•a sebagai pedoman perilaku man usia dulam hidup bermasyaralcat Penerapanrrya sangatlah Aomplek.s dan .wlit dipalwmi secara langsw1g o/eh s1swa. Su/itnya mt!nyajikan top1k-top1A materi sosiologi 1111 ke dalam strategi kegiatun pembelajarun di Icc/as berdampak pada kurang optima/nyu Jwntribusi pembelajarun tersebutlerhadap pcnlak.u SISwa di lingAungan masyaraka1. Pendekatan pembclajaran dcngan model Home Fami(\' Learning atau sua/u proses kegwtu!l pemhelujaran yang melibatkan langsung din siswa terhudap seluruh anggota dan alaivilllS lccluarga (masyaralcat) Community Based Education diharapkun dapat diteraplcan sebagm bagian pembelajaran ~•ang terintegrasi. Model pembelaJaran mi pada inlinya mendekatkan materi pcmbelajaran dengan obyek sesunggulmya a/au penglcajiunfenomena sosial secara langsung (Polma. 1987). Dengan penerapan model ini siswa aJ.on terlibal langsung dengan aklivilas masyarakut dan dirinyu Jebugai obyeJc seJcaligus subyeli. pembelajaran sosiologi. Mela/ui pendekatan kegiatan Penelitian TindaJ.an Kelas diupayakan dupal memberilcan pabaikan pcmbelajaran siswa dan pengalaman guru dalam memahami kond1si pengcmbangan dan peni(~Jasaan materi yang lebih bermakna. Hasil penelilian mcnulljulckan pola p~tmbelajaran sosiolog1 dengan tematik sangat relevan diterapkan pada siswa tingkat SMP sebagai upaya memperdalam ana/isis dan penilaian mereku terhadap gejala d1 masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 08/81495
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:34
Last Modified: 19 Feb 2019 03:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item