Kualitas Lulusan D-II PGSD Penyetaraan Universitas Terbuka Kota Jambi: Studi Korelasi antara Motivasi Berprestasi dan Efektivitas Belajar dengan Kualitas Lulusan

Anra, Yusdi and Mahyudin, and Rizal, Jon and Ustafiano, (2003) Kualitas Lulusan D-II PGSD Penyetaraan Universitas Terbuka Kota Jambi: Studi Korelasi antara Motivasi Berprestasi dan Efektivitas Belajar dengan Kualitas Lulusan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81281.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei denyan 50 responden yang diambil secara acak. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah pendekatan korelasional yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu motivasi berprestasi dan efektivitas belajar, sedangkan variabel terikat adalah kualitas lulusan DII PGSD Penyetaraan Universitas Terbuka Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Pokjar Telanaipura, Jambi Selatan dan Jambi Timur pada Tahun 2003. Teknik analisis data menggunakan uji statistik berupa korelasi dan regresi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu ; pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kualitas lulusan, dengan rx!Y =: 0,31 dan y = 126,787 + 0,114 xl ; kedua terdapat hubungan positif yang signifikan efektivitas belajar dengan kualitas lulusan, dengan rx!Y = 0,21 dan dan y = 126,051 + 0,108 x2 ; ketiga terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan efektivitas belajar secara bersama-sama dengan rx1x2y = 0,040 dan Y = 116,9038 + 0,10X1 + 0,11X2 Dengan demikian, berdasarkan temuan pada penelitian ini, untuk meningkatkan kualitas lulusan, motivasi berprestasi DII PGSD Penyetaraan harus ditingkatkan. Selanjutnya kualitas lulusan dapat terwujud apabila efektivitas belajar yang bermuara pada kualitas melipuuti waktu belajar, tempat belajar, sikap dan cara belajar dapat dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 05/81281
Uncontrolled Keywords: penyetaraan pgsd, motivasi berprestasi, efektivitas belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:39
Last Modified: 12 Jun 2020 03:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item