Kendala Belajar Mahasiswa Di Institusi Pendidikan Jarak Jauh Berdasarkan Strata Pendidikan Mahasiswa

Nuzia, Wia Zuwila and Nurmala, (2007) Kendala Belajar Mahasiswa Di Institusi Pendidikan Jarak Jauh Berdasarkan Strata Pendidikan Mahasiswa. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81527.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Universitas Terbuka sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang menggunakan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) memberikan alternatif dalam pendidikan tinggi berkualitas bagi mahasiswa dalam jumlah yang besar. Sistem PTJJ mampu mengatasi berbagai kendala seperti ruang belajar khusus dan waktu belajar yang khusus, sehingga peserta ajar memiliki kesempatan untuk memilih tempat, waktu dan cara belajar mereka. Namun sistem PTJJ mensyaratkan belajar mandiri yang tidak mudah untuk diterapkan, hal ini dikarenakan menerapkan belajar mandiri yang mensyaratkan tanggung jawab dan disiplin peserta ajar untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang telah mereka lakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala riil yang dihadapi mahasiswa yang terkait dengan bahan ajar pada sistem PTJJ dan menganalisis penyebab munculnya kendala yang terkait dengan bantuan belajar dalam proses belajar mereka. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah secara deskriftif kuantitatif dengan menggunakan kecenderungan nilai tengah. Sam pel seluruh mahasiswa UT masa registrasi 2007.1 untuk tingkat Diploma, S 1 dan S2, dipilih dengan menggunakan metode stratified sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kendala di semua jenjang program studi, baik di Diploma, S 1 dan S2 pad a komponen bahan ajar yang terdiri atas CD, Kaset Audio, Kaset Video, yang kurang lengkap dan radio kecuali jenjang studi S2 yang tidak punya program radio. Materi praktek yang merupakan bantuan belajar yang dinilai mahasiswa tidak terlalu berat, namun bahan praktek sering tidak tersedia tepat waktu. Sedangkan kendala unik per jenjang program studi yaitu jenjang studi Diploma menyatakan materi modul sulit dipahami, materi CD sulit sekali dan panduan praktek tidak selalu tepat waktu. Jenjang studi S 1 menyatakan materi modul sulit dan penguasaan materi bervariasi. Jenjang studi S2 menyatakan materi modul sulit dipahami dan bahan praktek tidak selalu tersedia. Untuk itu perlu dievaluasi jenis dan kelengkapan bahan ajar serta dievaluasi bantuan belajar berupa bahan praktek/ pratikum

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 08/81527
Uncontrolled Keywords: PTJJ; KENDALA BELAJAR
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:13
Last Modified: 01 Aug 2019 07:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item