Studi Perbandingan Prestasi Belajar Siswa SD Yang Mendapat Pemberitahuan TPK dengan yang Tidak Mendapat Pemberitahuan TPK Sebelum Proses Belajar Mengajar di Kecamatan Trucuk Kab. Klaten dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Indri, Asri (1999) Studi Perbandingan Prestasi Belajar Siswa SD Yang Mendapat Pemberitahuan TPK dengan yang Tidak Mendapat Pemberitahuan TPK Sebelum Proses Belajar Mengajar di Kecamatan Trucuk Kab. Klaten dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81038.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba membandingkan prestasi belajar stswa yang mendapat pemberitahuan TPK dengan siswa yang tidak mendapat pemberitahuan TPK sebelum proses KBM dengan metode eksperimen. • Populasi dan sampelnya adalah siswa SD di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Sampel yang terpilih dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A1 diberi perlakuan yang berbeda dari kelompok A2. Kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pemberitahuan TPK, kelompok A2 sebagai kelompok kontrol tidak mendapat pemberitahuan TPK sebelum proses KBM. Untuk memperoleh data yang diinginkan, dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil tes dianalisis dengan bantuan komputer. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antar kelompok dilakukan dengan uji-t antar kelompok dengan bantuan program komputer (SPS-2000) dari Sutrisno Hadi. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil bahwa kemampuan awal (pretes) kedua kelompok berdistribusi normal, vanannya homogen dan berkemampuan awal sama. Sedangkan hasil akhir (post-tes) menunjukkan skor berdistribusi normal, variannya homogen dan uji-t menunjukkan harga p = 0,000 ini menunjukkan ada perbedaan sangat signifikan. Perbedaan tersebut terletak dalam perolehan hasil belajar. Kelompok yang mendapat pemberitahuan TPK mempunyai prestasi yang lebih baik disbanding dengan kelompok yang tidak mendapat pemberitahuan TPK, dengan rerata -masing A1 = 8.346 dan A2 = 7.077. Hal ini berarti pemberitahuan TPK dapat meningkatkan daya serap siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat, apabila prestasi belajar baik maka tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 01/81038
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, TPK, belajar mengajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:31
Last Modified: 08 Oct 2018 04:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item