Analisa Prestasi Belajar Siswa Supernormal pada Mata Pelajaran Akademik di SD Unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta

GM, Suratin (1996) Analisa Prestasi Belajar Siswa Supernormal pada Mata Pelajaran Akademik di SD Unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
80887.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai profil nilai prestasi hasil belajar pada mata Pelajaran Akademik bagi siswa Supernormal di sekolah dasar unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Manfaat dari pemahaman mengenai keadaan nilai tersebut, akan meningkat lebih dalam secara substansial, yang meliputi kondisi pada mata pelajaran non eksakta dan mata pelajaran eksakta. Dan selanjutnya diketahui juga perbedaan prestasi pada masing-masing grade. Populasi adalah siswa kelas II sampai dengan kelas VI di SD Muhammadiyah Sapen, SD Ungaran I, SD Serayu I dan SD Jetisharjo I, dimana keempatnya oleh masyarakat dipandang sebagai sekolah unggulan, yang memiliki nilai rapor catur wulan 3 pada jenjang diatas nilai rata-rata kelas. Sampel diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh 203 subyek sebagai sampel dari 608 subyek populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket formula A untuk anak berbakat, Format B untuk Task Commitment, Format C untuk anak yang kemampuan dan kreatifitasnya baik dan Format D untuk ceking kemampuan dalam berpikir dan daya kreatif, bagi mereka yang terjaring oleh angka format A, format B dan format C. Dokumentasi dilakukan untuk mendapat data nilai prestasi dan nilai rata- rata kelas catur wulan 3. Untuk dapat mengelompokkan ke dalam tingkat grade I, grade II+ dan grade II digunakan test SPM dari Raven yang sudah standard. Data diolah dengan teknik tatistik t - score, dan hasilnya menunjukkan bahwa pada siswa super normal, nilai terendah 6,00, nilai tertinggi 9,0; nilai rata- rata pada mata pelajaran akademis 7,74; Rata- rata pelajaran non eksakta 7,79, dan rata- rata pelajaran eksakta 7,77. Tidak ada perbedaan prestasi basil belajar antara prestasi pada mata pelajaran non eksakta dan prestasi pada mata pelajaran eksakta. Sedangkan antara grade I, grade II+ dan grade II, terdapat perbedaan prestasi belajar yang meyakinkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 99/80887
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, siswa supernormal, mata pelajaran akademik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:39
Last Modified: 04 Oct 2018 03:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item