Pengaruh Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dari Mahasiswa Program Penyetaraan DII Guru SD di Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Sukirman, (1995) Pengaruh Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dari Mahasiswa Program Penyetaraan DII Guru SD di Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
80562.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun latar ·belakang yang mendorong pada penelitian ini adalah adanya beberapa mahasiawa program penyetaraan D II nilainya atau indek prestasinya cukup bavariasi yaitu ada yang prestasinya cukup baik, baik dan esedang, sehingga bagi mahasiswa ynng indek prestasinya rendah terpaksa harus memperpanjang masa atudinya atau mass tutorialnya. Padahal mereka mempunyai dasar pendidikan yang sama yaitu dari SPG atau dari KPG, disamping itu mereka rata-rata mempunyai masa kerja sebagai guru sekolah dasar yang sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai seberapa jauh perbedaan antara waktu belajar dengan prestasi belajar dari mahasiswa Program penyetaraan DII di Kulon Progo tersebut. Disamping itu peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apakah yang menimbulkan perbedaan adanya indek prestasi tersebut, apakah waktu belajar yang kup mesti akan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang cukup tinggi juga. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner, observasi dan interview digunakan untuk mendapatkan data tambahan. Penelitian ini cukup penting baik oleh pejabat KaKanwil, Dinas Pendidikan dan Kandep Dik Bud dalam menentukan kebijakan-kebijakan tertentu dalam kaitannya dengan pengelolaan dan penyediaan sarana tutorial. Disamping itu dirasa cukup penting bagi para mahasiswa dalam pengaturan waktu belajar yang lebih efektif dan efisien. Dalam penganalisaan data menggunakan analisa statistik baik menggunakan secara presentase Yule's Q maupun dengan cara korelasi Product Moment. Hasil penelitan menunjukkan bahwa waktu belajar yang cukup belum pasti dapat mempengaruhi prestasi belajar yang tinggi pada para mahasiswa Program Penyetaraan D II di kabupaten kulon Progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 96/80562
Uncontrolled Keywords: waktu belajar, prestasi belajar, mahasiswa program penyetaraan dII Guru SD, kulon progo
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:33
Last Modified: 31 Jul 2019 03:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item