Studi Pengembangan Model Baru Bahan Belajar Universitas Terbuka

Soemardi, R and Kesuma, Ratna and Warlina, Lina and Suparman, M. Atwi and Padmo, Dewi Artati and Adji, Sandra Sukmaning and Suroyo, and Mahdi, Mas (1995) Studi Pengembangan Model Baru Bahan Belajar Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
80541.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi institusi pendidikan jarak jauh adalah memaksimumkan efektivitas bahan belajar yang digunakan. Hasil studi tentang bahan belajar modul yang pernah dilakukan menunjukkan adanya tuntutan akan peningkatkan kualitas bahan belajar, baik dari segi desain instruksionalnya, maupun dari segi pemanfaatan teknologinya. Universitas Terbuka sebagai institusi pendidikan jarak jauh perlu menyusun dan menciptakan suatu pola baru cara pengorganisasian bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhan sekarang ataupun masa datang. Karena itu diadakan studi yang bertujuan untuk mengembangkan model baru bahan belajar UT sehingga diperoleh pola pengorganisasian bahan belajar yang fleksibel, berkualitas tinggi, dan memanfaatkan teknologi yang maksimal. Studi pengembangan ini dilaksanakan melalui 3 tahap penelitian yang masing-masing memerlukan waktu 1 tahun. Studi Tahap I mencakup 3 jenis kegiatan yaitu Studi Dokumentasi, Lokakarya Perumusan Konsep dan Seminar tentang Konsep Dasar pengembangan Modul yang Baru. Dalam studi dokumentasi telah dikumpulkan berbagai bahan belajar dari Negara yang mengembangkan program belajar jarak jauh, yaitu Canada, Inggris, Australia, Malaysia, India, Jepang (tidak dapat dianalisis, karena disampaikan dalam bahas Kanji/Jepang) dan Indonesia. Bahan belajar terdiri dari mata kuliah-mata kuliah di bidang IPA dan IPS. Dalam pengkajiannya, bahan belajar diseleksi dan diidentifikasi untuk melihat komponen yang terdapat dalam perangkat tersebut, dan peranan dari media elektronik yang digunakan misalnya audio kaset atau video. Studi ini antara lain menemukan bahwa isi paket matakuliah non Asia minimal terdiri dari katalog matakuliah, BMP, dan buku kerja, sedangkan paket matakuliah dari negara-negara di Asia umumnya hanya terdiri dari BMP dan media penunjang saja. Adanya penjadualan untuk mempela jari modul sangat membantu mahasiswa, dan adanya katalog memungkinkan mahasiswa mengenali karakteristik setiap matakuliah, termasuk system penilaiannya. Model paket matakuliah yang paling lengkap adalah paket dari Athabasca University Canada, sedangkan model yang unik (kumpulan artikel dan study guide) berasal dari Monas Distance Education (Australia). Peranan tutor dalam proses belajar mahasiswa cukup besar dan umpan balik yang diberikan umumnya terprogram dengan baik. Pada umumnya pemanfaatan media elektronik dirancang bersamaan dengan media cetaknya dan bersifat integrated. Media elektronik memuat penjelasan tentang hal-hal pokok dan penting dalam•perkuliahan, dengan mempertimbangkan faktor kesendirian mahasiswa dan faktor kejenuhan mereka. Adanya rekomendasi dari studi ini adalah studi dokumentasi sebaiknya dilengkapi dengan pengkajian berdasarkan aspek psikologis, paedagogis, substantif, dan ekonomis dari bahan yang dikaji. Bahan belajar sebaiknya dilengkapi dengan buku pedoma mahasiswa untuk setiap matakuliah, yang dituangkan dalam bentuk cetak ataupun kaset audio dan video. Pengembangan Bahan belajar non cetak hendaknya memuat strategi-strategi baru. Umpan balik untuk mahasiswa lebih ditingkatkan, misalnya melalui radio. Hasil penelitian setiap tahap akan diinformasikan kepada fakultas agar proses evaluasi berjalan seiring dengan pengembangan modul di fakultas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 96/80541
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.57 Research and Development Management (R and D) (Manajemen Riset dan Pengembangan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:13
Last Modified: 01 Aug 2019 02:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item