Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Air Minum dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Kota Ambon (Studi Komparatif pada PDAM dan PT DSA)

Sitheajah, Yangseng (2014) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Air Minum dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Kota Ambon (Studi Komparatif pada PDAM dan PT DSA). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42081.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Air adalah unsur terpenting bagi hidup manusia. Kualitas air yang baik dan kuantitas yang cukup sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia. Begitu pentingnya air, telah menjadikan akses terhadap air bersih sebagai hak asasi manusia. Kebutuhan air bersih di Kota Ambon dikelola oleh pemerintah dan swasta. Pihak pemerintah dikelola oleh PDAM Kota Ambon dan pihak swasta dikelola oleh PT. Dream Sukses Airindo (DSA) Kota Ambon. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi perusahaan. Secara tradisional perusahaan hanya memperhatikan perspektif keuangan saja, namun menilai kinerja perusahaan semata-mata dari aspek keuangan dapat menyesatkan. Sesungguhnya ada perspektif non keuangan yang lebih penting, inilah yang menjadi awal terciptanya konsep Balanced Scorecard. Konsep Balanced Scorecard ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan empat perspektif yaitu: (1) perspektif keuangan, (2) perspektif konsumen/pelanggan, (3) perspektif proses bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keseluruhan PDAM Kota Ambon adalah cukup dengan catatan adanya kekurangan pada keuntungan bersih/net profit margin, ROA dan uncountable water rate. Kinerja keseluruhan PT. DSA Kota Ambon adalah cukup mendekati kurang dengan catatan yang harus dibenahi adalah perolehan pelanggan, profitabilitas pelanggan, current ratio, net profit margin, ROA, produktifitas karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42081.pdf
Uncontrolled Keywords: Air, balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif konsumen/pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, Water, Balanced Scorecard, Finance Perpective, Consumer/Client Perpective, Internal Business Process Perpective, and Growth and Study Perpective.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.83 Market Research, Market Analysis (Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:45
Last Modified: 27 Jul 2016 06:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item