Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Langsung, Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing

Mukhdi, Puspa Perdana (2015) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Langsung, Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41794.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukamara tahun ajaran 2014/2015 yang belajar dengan model pembelajaran langsung, berbasis masalah dan penemuan terbimbing pada materi matriks. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang diberikan setelah perlakuan pembelajaran terlaksana (postes). Pengumpulan data dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu antara pertengahan bulan Maret 2015 sampai pertengahan bulan April 2015. Variabel yang digunakan adalah pembelajaran langsung, berbasis masalah,penemuan terbimbing sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Data dianalisis menggunakan analisis ragam satu arah dan uji beda nyata terkecil (BNT) dengan bantuan program minitab. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai P = 0,004 <a= 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap basil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, berbasis masalah, dan penemuan terbimbing. Hasil analisis ragam satu arah berbeda nyata maka akan dilakukan uji lanjut yaitu uji beda nyata terkecil menggunakan bantuan program minitab. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah merupakan model yang menghasilkan rata-rata tertinggi dari model pembelajaran yang lain,sehingga ini berarti model pembelajaran berbasis masalah berdampak lebih dari pembelajaran langsung dan penemuan terbimbing terbadap basil belajar siswa pada materi matriks. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah berdampak lebib besar terbadap basil belajar pada materi matriks dibandingkan dengan penemuan terbimbing dan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41794.pdf
Uncontrolled Keywords: the results of student learning, direct learning, problem-based learning, and guided discovery learning,hasil belajar siswa, pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran penemuan terbimbing.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:46
Last Modified: 19 Feb 2019 03:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item