Komparasi Hasil Belajar Differensial antara Model Core dan Pengajaran Langsung di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sengkang

Nadirah, (2013) Komparasi Hasil Belajar Differensial antara Model Core dan Pengajaran Langsung di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sengkang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41374.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah(l) seberapa besar hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran CORE,(2)seberapa besar hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran langsung,(3)Bagaimana komparasi basil belajar siswa yang diajar model pembelajaran CORE dan basil belajar siswa yang diajar model pembelajaran langsung. jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Kuasi eksperimen) yang bertujuan ootuk mengetahui perbandingan model pembelajaran CORE dan model pembelajaran langsung pada pembelajaran differensial kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sengkang (Semester Ganjil tahun pelajaran 2012-2013),yang terdiri dari 4 kelas jurusan IPA.Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, jumlah sample sebanyak 120 siswa untuk empat kelas. Data hasil belajar siswa digunakan tes basil belajar, sedangkan respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket. Analisis data yang digunakan statistic deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa dan analisis infrensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan statistic uji -T Hasil penelitian berdasarkan analisis menunjukkan bahwa Komparasi hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE mencapai ketuntasan 98,3 % dan memperoleh skor rata-rata 80,70,sedangkan hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan 95% dan memperoleh skor rata-rata 78,27.Statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran CORE dan skor hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE lebih efektif dari pada model pembelajaran langsung pada pembelajaran matematika pokok bahasan Differensial pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sengkang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41374.pdf
Uncontrolled Keywords: compare result study, core learning models, learning models directly, komparasi hasil belajar, model pembelajaran core, model pembelajaran langsung
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:52
Last Modified: 27 Feb 2019 02:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item