Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Think Pair Share Berbantuan CD lnteraktif Materi Segiempat Kelas VII

Suharyanti, (2013) Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Think Pair Share Berbantuan CD lnteraktif Materi Segiempat Kelas VII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41401.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Membelajarkan materi segiempat kelas VII dirasa masih sukar dimata siswa. Akan diterapkan metode Think Pair Share berbantuan CD interaktif, dimana dalam pembelajaran ini siswa secara mandiri mengerjakan tugas tersetruktur di rumah, selanjutnya belajar di dalam kelompok bersama pasangannya, bekerja sama dan berbagi dengan teman satu kelas. Dengan bantuan CD siswa diajak mendalami terlebih dahulu materi segiempat yang abstrak. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pembelajaran yang efektif ditandai dengan; (l)ketuntasan kemampuan pemecahan masalah, (2) adanya pengaruh positip keaktifan dan ketrampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP N I Limpung yang terdiri dari 8 kelas, pengambilan sampel dengan cluster random sampling, terambil dua kelas secara acak, sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol . Variabel penelitian yaitu keaktifan, keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah. Data keaktifan dan keterampilan pemecahan masalah diambil dengan pengamatan, data kemampuan pemecahan masalah diambil dengan tes tertulis. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t satu sampel, analisis regresi dan uji banding. Hasil penelitian (I) hasil belajar telah memenuhi KKM (70) dengan rata-rata 78,50, ketuntasan klasikal 80% (2) Keaktifan mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 64,2%, (3) Keterampilan pemecahan masalah mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 85,5%, (4) Keaktifan dan ketrampilan pemecahan masalah secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 87,7% dan (5) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 78,50 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 72,625. Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Think Pair Share berbantuan CD interaktif pacta materi segiempat adalah efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41401.pdf
Uncontrolled Keywords: the effectiveness learning, think pair share, interactive cd, problem solving, efektivitas pembelajaran, think pair share, cd interaktif, pemecahan masalah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:13
Last Modified: 01 Aug 2016 06:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item