Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VIII SMP Kota Bogor

Sukarya, (2013) Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VIII SMP Kota Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41577.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran dengan pendekatatan Direct Instruction yang bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dan Direct Instruction untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan prosedural dan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa SMP kelas VIII di Kota Bogor. Subjek penelitian sebanyak 67 siswa kelas VIII yang terdiri 31 siswa kelas kontrol dan 36 siswa kelas eksperimen. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan intrumen berupa tes pemahaman konsep, kemampuan prosedural, pemecahan masalah maternatis siswa dan lembar observasi. Materi matematika siswa pada penelitian ini adalah bangun ruang sisi datar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes kemampuan matematis siswa dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smimov (uji Z), tes Levene (uji F), Uji t sampel independen, dan anava dua jalur. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dan pembelajaran secara konvensional terhadap pemahaman konsep, kemampuan prosedural dan pemecahan masalah siswa. Terdapat perbedaan kemampuan matematis siswa yang belajar melalui pendekatan Brain Based Learning dengan pembelajaran secara konvensional. Peningkatan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Peningkatan kemampuan prosedural matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning tidak lebih baik: dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini juga meyimpulkan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Brain Based Learning menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41577.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematics learning through brain-based learning, conceptual understanding procedural fluency, problem solving, pembelajaran matematika dengan pendekatan brain based learning, pemahaman konsep, kemampuan prosedural, pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:34
Last Modified: 01 Aug 2016 06:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item