Pengenalan Berbagai Pekerjaan Melalui Pembelajaran Ips Terintegrasi

Sumarmi, Mamik (2014) Pengenalan Berbagai Pekerjaan Melalui Pembelajaran Ips Terintegrasi. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.

[img]
Preview
Text
2014-dn-022.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan agar pembelajaran dengan tema ”Berbagai Pekerjaan” kelas 4 SD, sub tema jenis -jenis pekerjaan, dapat dipahami siswa dan dapat membedakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan pekerjaan yang menghasilkan produk Adapun metode yang digunakan adalah kajian teori IPS dan pembelajaran tematik atau integratif sesuai dengan kurikulum 2013.Tema”Berbagai pekerjaan” yang semula menjadi mata pelajaran IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Oleh sebab itu pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembalajarannya (RPP) juga mengalami perubahan. Kesimpulan makalah ini, pembelajaran dengan tema ”Berbagai Pekerjaan” ada banyak kemampuan yang harus dicapai oleh siswa antara lain siswa mampu mengolah informasi dari teks dengan benar, siswa mampu memprediksi jenis teknologi yang digunakan untuk mengolah benda-benda yang ada di kelas dengan mandiri, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan secara benar dan mandiri serta mengenal pekerjaan tetangga yang ada dilingkungan rumahnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-022
Uncontrolled Keywords: IPS; Pembelajaran terintegratif
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 300.1 Philosophy and Theory of Social Science (Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 07:31
Last Modified: 31 Oct 2016 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4834

Actions (login required)

View Item View Item