Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Surasmi, Wuwuh Asrining (2014) Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.

[img]
Preview
Text
2014-dn-041.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan oleh pemerintah secara menyeluruh, artinya bersama-sama membangun kualitas pendidikan dengan melibatkan peran serta masyarakat khusunya peran serta orang tua yang merupakan pendidikan awal bagi seorang anak, sedangkan salah satu warga sekolah sebagai ujung tombak kegiatan pembelajaran adalah guru, oleh karena guru sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan teknik mengajar yang bermakna, karena teknik mengajar merupakan salah satu motor penggerak yang mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Sejalan dengan uraian di atas, maka di dalam pembelajaran harus mampu menghantarkan siswa menguasai konsep-konsep dan keterkaitan dengan lingkungan untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kata menguasai di sini mengisyaratkan bahwa pendidikan menjadikan siswa tidak sekedar tahu (knowing) dan hafal (memorizing) tentang konsep-konsep, tetapi harus menjadikan siswa untuk mengerti dan memahami (to understanding) konsep-konsep tersebut yang menghubungkan keterkaitan suatu konsep lainnya melalui penelitian, penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen sebagai alat pemecahan masalah dengan pola pikir yang kritis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-041
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:15
Last Modified: 01 Nov 2016 02:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item