Surasmi, Wuwuh Asrining (2014) Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.
|
Text
2014-dn-041.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan oleh pemerintah secara menyeluruh, artinya bersama-sama membangun kualitas pendidikan dengan melibatkan peran serta masyarakat khusunya peran serta orang tua yang merupakan pendidikan awal bagi seorang anak, sedangkan salah satu warga sekolah sebagai ujung tombak kegiatan pembelajaran adalah guru, oleh karena guru sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan teknik mengajar yang bermakna, karena teknik mengajar merupakan salah satu motor penggerak yang mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Sejalan dengan uraian di atas, maka di dalam pembelajaran harus mampu menghantarkan siswa menguasai konsep-konsep dan keterkaitan dengan lingkungan untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kata menguasai di sini mengisyaratkan bahwa pendidikan menjadikan siswa tidak sekedar tahu (knowing) dan hafal (memorizing) tentang konsep-konsep, tetapi harus menjadikan siswa untuk mengerti dan memahami (to understanding) konsep-konsep tersebut yang menghubungkan keterkaitan suatu konsep lainnya melalui penelitian, penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen sebagai alat pemecahan masalah dengan pola pikir yang kritis.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014-dn-041 |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan saintifik |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 02:15 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4925 |
Actions (login required)
View Item |