Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Team Accelerated Instruction berbantuan CD InteraktifMateri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Sunardi, (2014) Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Team Accelerated Instruction berbantuan CD InteraktifMateri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41579.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika tentang Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII dengan model pembelajaran kooperatif TAI berbantuan CD Interaktif, menganaIisis pengaruh motivasi dan ketrampilan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini adaIah penelitian eksperimen, dan dilakukan untuk menjawab tiga hipotesis utama, yaitu: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan CD Interaktif dapat mencapai ketuntasan baIajar. (2) motivasi dan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan CD Interaktif berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (3) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan CD Interaktif lebih baik daripada model konvensionaI. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP 2 Wiradesa Kabupaten PekaIongan tahun pelajaran 201212013 yang beIjumlah 262 siswa yang terdiri dari 7 rombongan belajar. Pengambilan sampel daIam penelitian ini menggunakan tehnik cluster random sampling atau secara acak. Dari tujuh kelas diambil dua kelas secara acak sebagai sampel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Analisis hipotesis dilakukan Uji Ketuntasan belajar dengan Uji t satu sampel Uji Pengaruh dengan Uji Regresi Linier sederhana dan Regresi ganda., dan Uji banding digunakan Uji t dua sampel. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil olah data., rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 70 atau lebih sesuai KKM yang telah ditentukan. Secara diskriptif rata-rata kelas mencapai 78,54 > 70. Pengaruh motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 69,7%. Pengaruh ketenunpilan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 74,3%. Secara bersama-sama motivasi siswa dan keterampilan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap kernampuan berpikir kritis sebesar 82,7%. Sebagai kesimpulan, pembelajaran dengan model TAI berbantuan CD interaktif dapat menuntaskan kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat pengaruh positif motivasi siswa dan keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis lebih besar pengaruhnya daripada motivasi, maka agar siswa dapat mencapai kemampuan berpikir kritis yang lebih baik hams diturnbuhkan terlebib dahulu keterampilan berpikir kritis dari pada rnenumbuhkan rnotivasinya Rata-rata kemarnpuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41579.pdf
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, motivasi, keterampilan berpikir kritis, ketuntasan belajar, model team accelerated instruction, cd interaktif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:26
Last Modified: 01 Aug 2016 08:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item