Penerapan Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Proposal Penelitian pada Program S1 PGSD UT UPBJJ Surabaya

Widuroyekti, Barokah and Setyowati, Titik and Sambada, Dwi (2014) Penerapan Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Proposal Penelitian pada Program S1 PGSD UT UPBJJ Surabaya. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_189.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis proposal penelitian merupakan kompetensi yang dituntut bagi mahasiswa S1 PGSD UT pada mata kuliah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam rangkapengembangan profesionalitasnya sebagai guru SD. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan rancangan pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian dalam mata kuliah PTK pada Program S1 PGSD UT UPBJJ Surabaya; (b) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian dalam mata kuliah PTK pada Program S1 PGSD UT UPBJJ Surabaya; (c) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian mata kuliah PTK Program S1 PGSD UT UPBJJ Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan model Kemmis & Taggart. Prosedur penelitian meliputi langkah-langkah yang merupakan siklus spiral, dimulai dari proses menemukan masalah melalui studi pendahuluan, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil refleksi setiap akhir siklus selanjutnya digunakan sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya. Langkah-langkah pada siklus berikutnya mengikuti prosedur dasar penelitian tindakan, yang meliputi empat tahap, yakni perencanaan(planning), pelaksanaan(action), observasi(observation), dan refleksi(reflection). Subyek penelitian adalah mahasiswa Program S1 PGSD semester VI dan tutor mata kuliah PTK Program kelas A Pokjar Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, penilaian tugas menulis proposal, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model mengalir dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis proposal penelitian pada mahasiswa program S1 PGSD UT Pokjar Bojonegoro setelah diterapkan model pembelajaran reflektif dalam tutorial tatap muka pada mata kuliah PTK. Peningkatan terjadi pada hasil penilaian terhadap proposal yang ditulis mahasiswa pada siklus 1, 2, dan 3. Peningkatan hasil berupa peningkatan rata-rata nilai mahasiswa, yaitu 54,9 pada siklus 1, meningkat menjadi 56,9 pada siklus 2, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 64,8. Peningkatan kemampuan menulis mahasiswa memang tidak terlalu besar. Hal ini karena menulis merupakan keterampilan, yang untuk memperolehnya memerlukan latihan yang berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan untuk menyempurnakan kekurangan yang ada. Bagi tutor disarankan untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan refleksi, memberikan tugas menulis secara berkelanjutan, memberikan waktu yang cukup untuk refleksi hasil tulisan, dan memberikan layanan online untuk mengatasi keterbatasan waktu tutorial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_189
Uncontrolled Keywords: pembelajaran reflektif, kemampuan menulis, proposal penelitian
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:58
Last Modified: 04 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item