Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA SD di Kabupaten Blora

Sumarno, and Handayani, Sri and Triyoto, (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA SD di Kabupaten Blora. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_191.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan Penguasan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA SD di Kabupaten Blora, bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasai eksperimen pada salah satu SD Negeri Kabupaten Blora. Materi IPA yang dibahas adalah tentang konsep cahaya. Sebagai sampel, untuk kelas eksperimen dipilih satu kelas V yang terdiri dari 36 orang siswa. Sebagai pembanding digunakan kelas konvensional (kontrol) yang juga diberikan kepada satu kelas V pada SD yang sama, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa. Kajian eksperimen difokuskan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan model pembelajaran ini juga diteliti. Instrumen penelitian meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis, angket dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam materi konsep cahaya secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, dibanding dengan model pembelajaran konvensional. Guru dan sebagian besar siswa menanggapi secara positif penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA di sekolah. Mereka merasa senang dan termotivasi untuk berpikir aktif dalam proses pembelajaran, mereka juga merasa penggunaan konsep dan keterampilan berpikir kritis dapat difasilitasi, dan sebagian besar diantara mereka menginginkan penggunaan model pembelajaran ini pada materi IPA yang lain. Indikator keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kemampuan memberi alasan, mempertimbangkan alternatif, menerapkan prinsip dan mengidentifikasi kesimpulan. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, maka dapat dikemukakan rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pendekatan alternatif dalam pembelajaran sains, khususnya pada pokok bahasan konsep cahaya. Selain itu bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti pada aspek lain tidak hanya pada aspek penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis saja, misalnya tentang kreativitas, motivasi, keterampilan sosial dan sebagainya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): pembelajaran kooperatif, keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep.
Uncontrolled Keywords: 2014_191
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:10
Last Modified: 26 Jul 2019 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item View Item