Evaluasi Diri Kinerja Tim Inti Pelatih Tutor Dan Hubungannya Dengan Program Pelatihan Tutor Di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka

Ratnawati, Tina and Tarigan, Asmara Iriani (2013) Evaluasi Diri Kinerja Tim Inti Pelatih Tutor Dan Hubungannya Dengan Program Pelatihan Tutor Di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_36.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Evaluasi Diri Kinerja Tim Inti Pelatih Tutor dan Hubungannya dengan Program Pelatihan Tutor di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka” ini akan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan Tim Inti Pelatih Tutor dalam setiap kegiatan Pelatihan Tutor yang diselenggarakan di UPBJJ-UT, mengetahui sejauh mana penguasaan Tim Inti Pelatih Tutor terhadap materi pelatihan dalam setiap kegiatan Pelatihan Tutor di UPBJJ-UT, serta mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlibatan Tim Inti Pelatih Tutor dalam Pelatihan Tutor. Secara teoritis, hasil penelitian diharapkan memberikan perluasan wawasan tentang peran dan fungsi Tim Inti Pelatih Tutor terhadap Program Pelatihan Tutor dan penyelenggaraannya. Secara praktis, hasil penelitian diharapkan berguna bagi UT Pusat dan UPBJJ-UT sebagai masukan untuk penyempurnaan penyelenggaraan Program Pelatihan Tutor. Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan untuk mengetahui evaluasi diri kinerja dari setiap anggota Tim Inti Pelatih Tutor di UPBJJ UT. Instrumen atau alat yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang berisi daftar pertanyaan yang berhubungan dengan komponen evaluasi diri kinerja Tim Inti Pelatih Tutor dan kegiatan Pelatihan Tutor. Daftar pertanyaan berkaitan dengan persepsi mereka terhadap kinerjanya serta kaitannya dengan Pelatihan Tutor dan isi Program Pelatihan Tutor yang diselenggarakan di UPBJJ UT. Sebuah instrumen dikatakan sahih, apabila mampu mengukur apa yang diinginkan atau mengungkapkan data dari peubah yang diteliti secara tepat (Hasan, 2002). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik validitas konstruk (construct validity), dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penyesuaian daftar pertanyaan dengan esensi kerangka konsep yang diperoleh dalam kajian pustaka, terutama yang berfokus pada peubah dan indikator-indikator yang diteliti; (2) konsultasi dengan pihak lain yang dianggap memiliki kompetensi tentang materi alat ukur, (3) Review instrumen oleh pakar. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada seluruh populasi yaitu anggota Tim Inti Pelatih Tutor. Selanjutnya dilakukan wawancara mendalam dengan responden terpilih. Selain melakukan tanya jawab dengan responden, juga dilakukan wawancara dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan penelitian, yaitu dengan Kepala UPBJJ-UT dan Koordinator BBLBA di UPBJJ-UT. Data yang telah terkumpul diolah melalui tahapan editing, coding, dan tabulasi dengan interval yang dihasilkan pada masing-masing hasil pengukuran. Data yang diperoleh, diolah dan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_36
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Belajar Jarak Jauh
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:46
Last Modified: 25 Jul 2019 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item