Evaluasi Formatif Bahan Ajar Mata Kuliah Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD 4306)

Yusrafiddin, and Sukatmi, Sri (2012) Evaluasi Formatif Bahan Ajar Mata Kuliah Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD 4306). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_8.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membahas tentang hasil penelaahan pakar atau ahli materi terkait dengan evaluasi bahan ajar cetak PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menemukan kelemahan dan kelebihan pada bahan ajar untuk mahasiswa PGPAUD- Universitas Tersebut. Hasil penelitian tersebut nantinya akan dijadikan dasar guna memperbaiki bahan ajar khususnya dari sisi materi. Artikel ini merupakan salah satu bagian dari tahapan penelitian evaluasi formatif yang langkah-langkahnya adalah (1) kajian dari ahli (expert review), (2) evaluasi orang per orang (one to one evaluation), evaluasi dalam kelompok kecil (small group evaluation), dan (3) uji lapangan (field test). Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2012 hingga Mei 2013 di Wilayah UPBJJ-UT Serang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Buku Materi Pokok (BMP) pada mata kuliah Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD secara umum tingkat pencapaiannya termasuk kategori sedang dengan kategori 65-79 sebanyak 5 modul, 2 modul termasuk kategori baik dengan nilai ≥80 dan hanya satu modul dengan kategori kurang ( 50-64). Materi BMP pada tiap modul rata-rata valid dan mutakhir derta sesuaid engan perkembangan ilmu pengetahuan, sesuai dengan kompetensi mata kuliah serta sesuai untuk keilmuan pada program studi PGPAUD. Materi modul juga sesuaid engan nilai-nilai yang ada di Indonesia. Sistematika juga secara umum sudah runtut dan mudah dipahami, hanya satu modul yang sistematikanya perlu diperbaiki. Kelemahan yang terdapat hampir pada setiap modul adalah tidak adanya peta kompetensi dan glosarium dan beberapa modul masih kurang memberikan contoh yang dapat membantu mahasiswa memahami isi modul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_8
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, paud, kajian materi, bahan ajar cetak, perkembangan anak usia dini
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:22
Last Modified: 29 Nov 2018 04:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item