Analisis Kecenderungan Global Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah

Alrakhman, Riza (2012) Analisis Kecenderungan Global Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah. Project Report. Universitas Terbuka, Pekanbaru.

[img]
Preview
Text
2012_13.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kesimpulan John. J. Patric (1997) tentang adanya sembilan kecenderungan global dalam pendidikan kewarganegaraan untuk demokrasi yang secara luar biasa berpotensi mempengaruhi pendidikan kewarganegaraan pada negara-negara yang menganut faham demokrasi konstitusional. Kesembilan kecenderungan global itu adalah komponen-komponen yang saling berinterelasi, pengajaran konsep-konsep inti secara sistematik, analisis terhadap studi kasus, keterampilan-keterampilan pembuatan keputusan, analisis komparatif, keterampilan partisipatoris dan kebajikan warga negara melalui kegiatan-kegitan belajar, penggunaan buku sumber, pengetahuan, keterampilan dan kebajikan-kebajikan warga negara, dan menghubungkan antara isi dan proses dalam belajar mengajar pengetahuan, keterampilan dan kebajikan-kebajikan warga negara. Berdasarkan kecenderungan global itu, dua rumusan masalah diajukan, yaitu: 1) Apa dan Bagaimana kecenderungan global dalam pendidikan kewarganegaraan di tingkat persekolahan di Indonesia?; dan 2) Bagaimanakah implikasi kecenderungan global pendidikan kewarganegaraan itu dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah?. Penelitian ini didukung oleh kajian pustaka yang didasarkan pada kesimpulan analisis John J Patric di atas, dan memadukannya dengan pembahasan tentang hakikat dan rasional pendidikan kewarganegaraan, dan pendidikan kewarganegaraan persekolahan di Indonesia. Hal ini didasari bahwa upaya pengembangan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, baik sebagai suatu konsep keilmuan, instrumentasi, dan praksis pendidikan yang utuh tidak dapat dilepaskan dari kecenderungan global dalam pendidikan kewarganegaraan. Secara metodologis, penelitian ini merupakan content analysis sebagai salah satu tradisi penelitian kualitatif. Peneliti tidak menggunakan upaya kuantifikasi atau perhitungan-perhitungan statistik, melainkan lebih menekankan kepada kajian interpretatif dengan dua teknik pengumpulan data, yaitu studi literatur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kajian tentang kecenderungan global dalam pendidikan kewarganegaraan cukup berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan kewarganegaraan pada tingkat persekolahan di Indonesia; 2) Kecenderungan global pendidikan kewarganegaraan nampak dalam visi dan misi pendidikan kewarganegaraan di Indonesia yang berorientasi pada terbentuknya warga negara yang baik, cerdas, dan demokratis; 3) Keseluruhan kecenderungan global itu berimplikasi pada proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada tingkat persekolahan, yaitu pada komponen tujuan, materi, metode, media dan sumber, serta evaluasi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_13
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan, pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 323.6 Citizenship (Kewarganegaraan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:42
Last Modified: 25 Sep 2018 02:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item